Ahad 18 Jul 2010 19:18 WIB

Idham Chalid Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Rep: Nashih Nashrullah/ Red: Endro Yuwanto
Idham Chalid
Idham Chalid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali menyatakan, KH Idham Chalid akan diusulkan menjadi Pahlawan Nasional. Pendiri dan deklarator PPP ini dianggap layak menjadi Pahlawan Nasional.

''KH Idham Chalid telah berjasa bagi bangsa dan negara. Selain dikenal sebagai tokoh agama, kiprah mantan Ketua Umum PBNU itu sebagai negarawan andal pun tak diragukan lagi,'' ujar Suryadharma saat memberikan sambutan dalam acara 'Tahlilan Tujuh Hari Mengenang almarhum KH Idham Chalid dan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di halaman Gedung PPP, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu malam (18/7).

Suryadharma yang juga Menteri Agama itu mengatakan, KH Idham Chalid telah berjasa bagi bangsa dan negara. Selain dikenal sebagai tokoh agama, kiprah mantan Ketua Umum PBNU itu sebagai negarawan andal pun tak diragukan lagi.

Sementara itu, Chalid Mawardi, mantan Sekjen DPP PPP, dalam sambutannya menuturkan, figur Idham pantas diangkat sebagai pahlawan nasional karena kontribusi yang diberikan kepada negara cukup besar. Selain itu, ketauladanan yang dicontohkan KH Idham Chalid mencerminkan sosok pemimpin yang alim. ''Idham Chalid adalah sosok yang gigih tidak banyak ngomong dan berjuang terus,'' ungkapnya

Idham Chalid meninggal dunia pada Ahad (11/7) dalam usia 88 tahun. Ia dimakamkan di Pesantren Darul Quran, Cisarua, Bogor pada Senin (12/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement