Jumat 16 Jul 2010 05:06 WIB

Giliran Demokrat Kembangkan Konfederasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Syarifuddin Hasan mengatakan bahwa partai itu kemugkinan juga akan mengikuti langkah Partai Amanat Nasional (PAN) dengan menggandeng partai-partai kecil untuk mendongkrak perolehan suara.

"Iya (akan menggandeng partai kecil). Waktu Pilpres kemarin itu ada 21 partai kecil yang gabung ke kita, saya yakin mereka akan ke kita juga," kata Syarifuddin ketika ditemui di sela-sela peringatan Hari Koperasi Nasional ke-63 di Markas Komando Daerah Militer V/Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

Syarifuddin Hasan yang juga Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mengatakan hal itu ketika diminta tanggapan oleh wartawan tentang pertemuan antara petinggi PAN dan para petinggi sejumlah partai politik untuk membahas ide konfederasi partai. Ia optimistis, sejumlah partai politik kecil itu akan menyambut baik keinginan Partai Demokrat untuk bergabung.

Menurut dia, konfederasi partai politik adalah hal yang biasa dan tidak perlu diperderbatkan. Konfederasi, katanya, adalah langkah yang harus dilakukan untuk mewujudkan upaya penyederhanaan partai politik. "Namun sebaiknya konfederasi itu tidak perlu dilembagakan," katanya. Kecenderungan konfederasi, menurut dia, biasanya terjadi melalui peleburan partai kecil ke dalam tubuh partai yang lebih besar, termasuk Partai Demokrat.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement