Senin 28 Jun 2010 02:35 WIB

Dien:Jaringan Kesehatan Muhammadiyah Terbesar di Asia

Rep: neni ridarineni/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA - Saat ini ada sekitar 500 unit/lembaga pelayanan kesehatan milik Muhammadiyah.Bahkan ada tamu asing yang datang ke PP Muhammadiyah mengatakan bahwa Muhammadiyah merupakan organisasi jaringan pelayanan kesehatan terbesar di Asia.

Hal itu dikemukakan Ketua Umum PP Muhammadiyah Dien Syamsuddin pada acara Pengajian Akbar Semarak Muktamar dan Soft Operning RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II di Jl.Wates, Gamping Sleman, Yogyakarta, Ahad (27/6).

''Alhamdulillah amal usaha Muhammadiyah yang paling banyak tumbuh dalam lima tahun terakhir adalah rumah sakit. Nama lembaga pelayanan kesehatan Muhammadiyah ini namanya bervariasi, ada yang menggunakan RS PKU, RS PKU Muhammadiyah Rumah Sakit Islam dan bahkan ada yang namanya panjang RS Islam PKU Muhammadiyah. Apapun namanya tetapi inilah kekuatan kita,''kata Dien.

Dengan diresmikan operasional RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II menjelang Muktamar Satu Abad Muhammadiyah nantinya bisa digunakan peserta maupun penggembira Muktamar. ''Tetapi kami harapkan tidak banyak peserta maupun penggembira yang datang ke rumah sakit ini, sehingga berarti semuanya sehat,''tutur dia.

Berkaitan dengan pelaksanaan Muktamar Satu Abad Muhammadiyah Dien mengatakan Muhammadiyah tidak mudah dirusak oleh pihak luar ''Kita justru dirusak dari dalam karena kita tidak mampu membina kebersamaan. Modus apapun, oleh siapapun dan di manapun tidak akan mempengaruhi nilai muktamar satu abad Muhammadiyah yang besar,''tegas dia.

Selanjutnya Pjs Bupati Sleman Sri Purnomo dalam sambutannya mengatakan dengan diresmikannya operasional RS PKU Muhammadiyah Unit II di Jl. Wates Gamping ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan dan kesehatan masyarakat yang berkualitas terutama di wilayah Sleman bagian barat.

Direktur utama PKU Muhammadiyah Yogyakarta Ahmad Hidayat mengatakan dengan dilakukannya soft opening berupa pengajian akbar oleh ketua Umum PP Muhamamdiah diharapkan masyarakat luas semakin mudah mendapatkan pelayanan kesehatan di RS PKU Muhammadiyah II Gamping Yogyakarta. 

Dalam saat bersamaan juga dilaunching layanan baru berupa klinik kecantikan kulit skin care medical cosmetic di RS PKU Muhammadiyah Jl. KHA Dahlan yang merupakan sebuah perawatan kecantikan dengan teknologi dan keahlian medis kedokteran kulit.

Lebih lanjut Ahmad mengatakan dalam perencanaan ke depan RS PKU Muhammadiyah akan mengembangkan RS PKU Muhammadiyah Unit II dengan konsep Hospitality hospital yaitu sebuah rumah sakit yang nyaman dan dekat di hati umat dengan suasana yang natural dan alami. ''Selain itu rumah sakit ini harus mampu memberikan pelayanan yang holistik yaitu bukan hanya menangani yang penyakit fisik, melainkan juga di bidang emosional, psikologi dan spiritual.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan ijin operasional RS PKU Muhammadiyah Unit II oleh Pjs Bupati Sleman Sri Purnomo kepada Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Ahmad Hidayat yang didampingi ketua Badan Pelaksana Harian RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Dasron Hamid dan disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Mafilindati Nuraini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement