Jumat 25 Jun 2010 01:06 WIB

Komisi HAM ASEAN Mulai Aktif Agustus 2010

Rep: Rosyid Nurul Hakim/ Red: Budi Raharjo
ASEAN
ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--ASEAN Intergovermental Commission on Human Right (AICHR) bakal mulai aktif bekerja pada Agustus 2010. Saat ini persiapan internal dan sosialisasi sedang gencar dilakukan.

"Work plan sudah selesai, nanti bisa langsung melakukan kegiatan. Mulai bulan Agustus,'' ujar perwakilan Indonesia di AICHR, Rafendi Djamin, dalam sebuah diskusi yang digelar The Habibie Center, di Jakarta, Kamis (24/06).

AICHR merupakan komisi bentukan ASEAN yang bertugas untuk membahas masalah hak asasi manusia (HAM) di negara-negara anggota. Organisasi yang baru berumur sembilan bulan itu merupakan sebuah bentuk kemajuan ASEAN dalam konteks kerja sama di bidang politik.Dalam rangka persiapan, pekan depan, perwakilan AICHR dari negara-negara ASEAN akan berkumpul di Vietnam untuk melakukan sidang reguler.

Dalam sidang itu akan diselesaikan agenda pembuatan peraturan internal. ''Aturan ini yang akan mengatur bagaimana kita berhubungan dengan masyarakat sipil, Komnas HAM, negara, PBB, dan sebagainya,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement