Kamis 03 Jun 2010 04:17 WIB

Sore Ini Surat Pencalonan Gubernur BI Disampaikan ke DPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pejabat Sementara Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution enggan dikomentari tentang penunjukkan dirinya sebagai calon tunggal gubernur BI yang diajukan oleh presiden ke DPR.

"Itu kan masih dengar-dengar kalau sudah jelas nanti silahkan tanya komentar saya," kata Darmin di Jakarta, Rabu. Darmin juga membantah kalau dirinya sudah dipanggil Presiden atas penunjukkan ini. "Nggak ada tuh," tambahnya.

Sementara Anggota DPR RI Achsanul Kosasih mengatakan bahwa pihaknya sudah mendapat kepastian dari Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi tentang pengajuan nama Darmin Nasution sebagai calon tunggal gubernur BI. "Saya sudah dikonfirmasi melalui telepon dan rencananya sore ini (Rabu 2/6) akan dikirim ke DPR," kata Achsanul.

Dia menjelaskan bahwa setelah surat masuk akan dimajukan ke Bamus (Badan Musyawarah) DPR dan baru Komisi XI mengagendakan "fit and proper test" (uji kelayakan dan kepatutan).

"Mudah-mudahan sebelum reses 18 Juni 2010 Komisi XI sudah dapat menyelenggarakan fit and proper test. Kalau belum bisa ya terpaksa menunggu satu bulan lagi setelah reses," kata Achsanul.

Dia mengungkapkan bahwa Komisi XI sepakat untuk mempercepat proses pemilihan gubernur BI yang sudah satu tahun lebih kosong. Dengan diajukan nama Darmin ini, Anggota DPR dari Fraksi Demokrat ini yakin mantan dirjen Pajak ini terpilih.

"Sebelumnya kan ada dua calon yang kuat Agus Martowardojo dan Darmin Nasution. Saya yakin Darmin akan terpilih," tambahnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement