Selasa 25 May 2010 01:41 WIB

Demokrat Ingin Jadi Presiden Lagi

Rep: M Ikhsan Shiddieqy/ Red: Budi Raharjo
Kongres Partai Demokrat
Foto: Pool-Lintang Ken Suminar/Antara
Kongres Partai Demokrat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Kongres Partai Demokrat (PD) memberikan tiga rekomendasi untuk dilaksanakan pengurus partai periode 2010-2015. Salah satunya adalah menetapkan target kemenangan pada pilpres 2014 dan perolehan suara partai pada pemilu legislatif minimal 30 persen serta pada pemilukada minimal 20-30 persen.

Rekomendasi kongres itu dibacakan oleh M Jafar Hafsah usai rapat komisi-komisi di akhir pelaksanaan kongres, Senin (24/5) dini hari. Jafar merupakan Ketua Komisi C yang membahas rekomendasi politik. ''Kongres mengamanatkan untuk meneguhkan posisi Partai Demokrat sebagai partai tengah yang kuat dan modern,'' katanya.

Rekomendasi ketiga adalah menjadikan Kongres Partai Demokrat II di Bandung pada 21-23 Mei 2010 sebagai ajang konsolidasi partai. ''Diharapkan seluruh keputusan partai, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, dan program umum partai dilaksanakan secara sungguh-sungguh,'' tegasnya.

Sebelum membacakan rekomendasi kongres, Jafar membacakan pidato politik Partai Demokrat. Dalam pidatonya, dia mengatakan, Demokrat memandang demokrasi mengalami kemajuan yang senantiasa dinamis. ''Jauhkan dari anarki, fitnah, dan membunuh karakter. Demokrasi berdasar pada kebebasan tidak boleh kebablasan,'' serunya.

Demokrat juga mendorong pemerintah dan masyarakat memberantas terorisme. Jafar menyebutkan, Demokrat mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada pemerintah dalam menjalankan amanat rakyat. ''Pemerintah diharapkan bekerja keras untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,'' ujarnya.

Dalam bidang politik, Jafar menyampaikan, Demokrat menetapkan selambat-lambatnya dua tahun sebelum pemilu itu pemerintah dan DPR harus sudah menyusun Undang-Undang pemilu. ''Pemerintah dan DPR harus menjadikannya sebagai prioritas,'' kata Jafar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement