Sabtu 22 May 2010 01:15 WIB

Pekerja Medis Mesti Menjaga Masyarakat Tetap Sehat

Presiden membuka temu ilmiah pembangunan nasional berwawasan kesehatan
Foto: Rumgapres
Presiden membuka temu ilmiah pembangunan nasional berwawasan kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta kalangan dokter dan pekerja medis tak hanya fokus menyembuhkan yang sakit. Mereka juga mesti menjaga agar masyarakat tetap sehat.

''Saya bukan seorang dokter, tapi setelah memimpin negara, menyadari bahwa sektor kesehatan sangat penting, misi dokter dan tenaga medis juga penting,'' katanya dalam peresmian pembukaan temu ilmiah pembangunan nasional berwawasan kesehatan dalam rangka hari kebangkitan nasional di Universitas Indonesia (UI) Salemba, Jakarta, Jumat (21/5).

Para pekerja medis, ujar Presiden, berfungsi menjaga agar masyarakat tetap sehat. ''Lalu jika ada yang sakit bisa disembuhkan, dan jika ada seorang yang sakit jangan sampai yang lain ikut sakit,'' pesannya.

Di Indonesia ini, kepala negara menjelaskan, ketiga fungsi tersebut masih relevan. Untuk itu, menurutnya, semua kebijakan dan anggaran pun harus tersambung dengan tiga hal itu. Contohnya, puskesmas jangan menunggu pasien yang sakit datang berobat, dan mengobati yang sakit saja. Puskesman harus berubah dengan menjemput bola dan melakukan tindakan pencegahan agar masyarakat tetap sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement