Kamis 20 May 2010 07:22 WIB

Diangkat Jadi Wakil Menkeu, Siapa Sebenarnya Anny Ratnawati?

Anny Ratnawati
Anny Ratnawati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Nama Anny Ratnawati, doktor ekonomi pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dipilih Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai wakil menteri keuangan, Rabu malam (19/5).

Anny yang kini menjabat Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, adalah binaan dan bawahan mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta dekat dengan Presiden SBY. Lantas, siapa sesungguhnya Anny Ratnawati?

Anny menyelesaikan program doktor di IPB. Wanita kelahiran Yogyakarta pada 24 Februari 1962 itu, memulai kariernya sebagai dosen dan peneliti di IPB. Ia sangat berminat di bidang agribisnis dan ekonomi pertanian.

Anny disebut-sebut dekat dengan SBY saat SBY menyelesaikan program doktor di kampus IPB. Anny menjadi salah satu penguji dan pembimbing disertasi SBY.

Sedangkan di Kementerian Keuangan, Anny sempat menempati posisi Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Lalu pada 8 Juli 2008, Menteri Keuangan Sri Mulyani melantik Anny sebagai Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan. Anny menggantikan Achmad Rochjadi yang meninggal pada Juni 2008.

Pada awal Mei 2010, Kementerian Badan Usaha Milik Negara mengangkat Anny sebagai komisaris PT Pertamina (Perseo). Dalam pernyataannya kepada wartawan, Anny mengaku tidak ingin berandai-andai menjadi menteri keuangan atau wakil menteri keuangan.  ''Hidup jangan berandai-andai,'' tutur Anny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement