Sabtu 15 May 2010 04:10 WIB

Setgab Koalisi Gelar Rapat Perdana

Rep: Rosyid Nurul Hakim/ Red: Budi Raharjo
Syarif Hasan
Foto: Edwin/Republika
Syarif Hasan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sekretariat gabungan (Setgab) koalisi partai pendukung pemerintah mulai bekerja dengan menggelar rapat perdana. Setgab menetapkan jadwal rencana kerja untuk tiga bulan ke depan dalam rapat yang digelar di kantor setgab di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta.

''Kami sementara ini menetapkan jadwal rencana awal untuk tiga bulan ke depan,'' ujar Sekertaris setgab koalisi, Syarif Hasan, di Jakarta, Jumat (14/5).

Rapat yang pertama kali digelar sejak forum itu terbentuk juga merupakan ajang adaptasi bersama antar partai koalisi. Selain itu rapat tersebut juga digunakan untuk saling berbagi dan berkomunikasi. Syarif menjelaskan, pada dasarnya setgab ini berfungsi sebagai fasilitator antar fraksi, antara fraksi dan partai, dan antara partai dan pemerintah.

Forum itu bertujuan untuk bisa melaksanakan program prorakyat dengan baik. Namun, tanpa melupakan fungsi check and balance yang menjadi wewenang DPR. Menanggapi anggapan bahwa setgab akan mengurangi fungsi DPR, dia membantahnya. ''Perlu dijelaskan, kami mengedepankan fungsi check and balance. Itu proses demokrasi yang jadi prioritas kami,'' katanya.

Pada rapat yang digelar sejak pukul 14.00 WIB itu, Syarif menegaskan, seluruh hasilnya sudah sepengatahuan Ketua Harian Setgab, Aburizal Bakrie. Meskipun pada rapat perdana itu, Ical tidak hadir. ''Hasilnya pun kami laporkan ke ketua harian,'' ujarnya. Ketua harian juga dijadwalkan akan memberikan penjelasan selengkap-lengkapnya tentang fungsi dan kewenangan setgab Selasa (18/05) pekan depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement