Jumat 07 May 2010 03:47 WIB

Ketua DPD: Gubernur tidak Harus Dipilih DPRD

Rep: kim/ Red: Krisman Purwoko

JAKARTA--Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman, tidak setuju jika kepala daerah, dalam hal ini gubernur, ditunjuk oleh DPRD. Menurutnya posisi gubernur merupakan ciri negara demokrasi yang menganut desentralisasi. "Gubernur itu harus dipilih langsung," ujar Irman dihadapan wartawan seusai bertemu dengan lima lembaga negara di gedung Bimasena, Jakarta Selatan, Kamis (06/05).

Menurutnya sistem pemilukada yang sudah berjalan saat ini sudah tepat. Yaitu dengan pemilihan langsung, tanpa ada penunjukan. Tapi dia juga tidak memungkiri bahwa masih perlu ada perbaikan dalam pelaksanaannya. "Agar tidak timbul konflik," kata Irman.

Karena sistem pemilihan langsung yang masih berlangsung di negara ini, masih memiliki nilai plus dan minus di beberapa daerah. Sisi lain yang perlu dibenahi dari sistem yang sudah ada sekarang adalah pengaturan hubungan antara pusat dan daerah.

Irman mengkhawatirkan sisi legitmasi dari pimpinan daerah itu di tengah masyarakat jika hanya ditunjuk. Posisi gubernur akan sulit karena harus menghadapi bupati atau walikota yang dipilih oleh rakyat. "Gubernur akan memiliki beban psikologis," ujarnya. Wacana ini nantinya akan dibicarakan di Komisi II DPR dan Komite I DPD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement