Kamis 06 May 2010 05:49 WIB

Menyusul Menkeu, Rumor Wapres Mengundurkan Diri Merebak

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Budi Raharjo
Wakil Presiden Boediono
Wakil Presiden Boediono

JAKARTA--Setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani mengundurkan diri, kini giliran Wapres Boediono yang akan mengikuti jejaknya. Benarkah Guru Besar Ekonomi UGM yang belum genap setahun menjabat ini bakal ikut mengundurkan diri?

Saat ini beredar rumor, Wapres bakal menyusul mengundurkan diri. Rumor itu bahkan sudah didengar para politikus di 'Senayan'. Seperti yang didengar Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso. ''Itu masih rumor yang perlu dicek,'' katanya di Jakarta, Rabu (5/5).

Ketua DPP Bidang Politik Partai Golkar ini mengaku baru mendengar rumor tersebut. Seandainya pun rumor itu benar, dia tak mau mencampurinya. Partainya tidak dalam kepentingan apa pun untuk segera mengajukan kandidat pengganti Boediono. Dan bila kabar itu benar, lanjutnya, masalahnya tidak sesederhana seperti pengunduran diri Sri Mulyani karena pindah ke Bank Dunia.

Boediono, dikatakannya, harus mengajukan pengunduran dirinya hingga ke Mahkamah Konstitusi. ''Saya berharap itu hanya rumor dan saya tidak percaya rumor itu,'' sergahnya.

Golkar, ditegaskannya, tidak dalam posisi menyiapkan nama untuk mengisi posisi apa pun termasuk posisi Menteri Keuangan. ''Pidato SBY mengatakan, Sri Mulyani sudah disetujui (menjabat posisi di Bank Dunia). Bukan berarti Golkar lalu mengusulkan nama,'' tegasnya. Golkar menganggap penunjukan nama pengganti Sri Mulyani merupakan hak prerogatif SBY.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement