Senin 19 Apr 2010 23:39 WIB

MPR-Dewan Masjid Kerja Sama Sosialisasi Pancasila

Rep: M Bachrul Ilmi/ Red: Budi Raharjo
Taufik Kiemas
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Taufik Kiemas

JAKARTA--Majelis Permusyarawan Rakyat (MPR) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) menjalin kerja sama sosialisasi dan promosi Pancasila kepada umat Islam melalui berbagai masjid di Indonesia. Kerja sama itu ditetapkan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kedua pihak tentang pendidikan dan pelatihan mubaligh, Senin, (19/4) di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Ketua MPR, Taufik Kiemas, menyatakan kerja sama itu secara garis besar mendorong terjadinya sosialisasi empat pilar kebangsaan melalui 700 ribu masjid di Indonesia. Keempat pilar itu adalah Pancasila sebagai ideologi bangsa, UUD 1945 sebagai konstitusi tertinggi Indonesia, bhinneka tunggal ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. ‘’Sosialisasi empat pilar ini bisa langsung ke bawah,’’ katanya.

Kerja sama, menurut Taufik, juga bisa menjadi media bagi anggota MPR untuk berkomunikasi dengan seluruh masyarakat Indonesia terutama lapisan bawah. Hal itu sehingga hubungan antara anggota MPR dan masyarakat bisa terjalin lebih erat. ‘’Sosialisasi anggota MPR dengan Dewan Masjid juga bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat,’’ ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement