Selasa 06 Apr 2010 02:59 WIB

Imbas Kasus Gayus, Direktorat Keberatan dan Banding Pajak Dirombak

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Budi Raharjo
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA--Kementerian Keuangan segera merubah atau memutasi pegawai di jajaran Direktorat Keberatan dan Banding Ditjen Pajak pada pekan ini. Langkah itu diambil sebagai bagian dari pembenahan di lembaga tersebut.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, berjanji akan mengevaluasi, koreksi, dan langkah-langkah konkrit lainnya untuk perbaikan internal. ''Atau memang persoalannnya di bidang pengawasan,'' kata Menkeu, usai Rapat Pimpinan, di Kantor Pajak, Jakarta, Senin (5/4).

Menkeu sudah memperoleh identifikasi persoalan yang muncul terutama untuk unit keberatan dan banding. Koreksi dilakukan secara perorangan, prosedur, dan koreksi terhadap keseluruhan di Ditjen pajak yang menimbulkan kerawanan.

Untuk perbaikan itu, dia meminta Inpektorat Jenderal untuk mengidentifikasi langkah yang sifatnya mingguan. ''Jadi minggu ini seperti perubahan, mutasi, maupun promosi akan dilakukan terhadap unit ini (Keberatan dan Banding) karena bagaimapun Direktorat ini harus berjalan,'' tegasnya.

''Jadi (secara jangka pendek) penggantian pejabat lama dengan pejabat baru dan bagaimana punishment untuk tetap bisa diterapkan melalui prosedur peraturan yang ada. Kemudian yang sifatnya jangka bulanan adalah mengevaluasi dan memperbaiki prosedur maupun sistem,'' tambah Menkeu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement