Ahad 05 Feb 2023 18:06 WIB

KAI Berikan Tarif Khusus untuk Sejumlah Rute KA Baturraden Ekspres

KA Baturraden Ekspres melayani relasi Purwokerto-Kroya-Bandung.

Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi kereta api
Foto: ANTARA FOTO
Ilustrasi kereta api

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERO -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan tarif khusus untuk sejumlah rute yang dilalui KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Kroya-Bandung pergi pulang (PP) sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan KA tersebut.

"Sebelumnya, kami memberlakukan tarif khusus untuk rute Purwokerto-Kroya dan sebaliknya, serta rute Kroya-Tasikmalaya dan sebaliknya. Mulai 6 Februari 2023, kami berlakukan pula tarif khusus untuk rute Purwokerto-Banjar dan sebaliknya," kata Kepala PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Daniel Johannes Hubabarat di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Ahad (5/2/2023).

Baca Juga

Dalam hal ini, kata dia, tarif khusus KA Baturraden Ekspres rute Purwokerto-Kroya dan sebaliknya sebesar Rp 35 ribu untuk kelas eksekutif serta Rp30.000 untuk kelas bisnis, sedangkan tarif khusus rute Kroya-Tasikmalaya dan sebaliknya sebesar Rp90.000 untuk kelas eksekutif serta Rp 70 ribu untuk kelas bisnis.

Sementara tarif khusus KA Baturraden Ekspres rute Purwokerto-Banjar dan sebaliknya yang diberlakukan mulai 6 Februari 2023 sebesar Rp 60 ribu untuk kelas eksekutif serta Rp 40 ribu untuk kelas bisnis.

"Tarif khusus ini untuk optimalisasi okupansi angkutan penumpang dengan memanfaatkan idle seat (tempat duduk kosong) pada relasi atau rute tertentu," jelasnya.

Menurut dia, tarif khusus tersebut dapat diperoleh calon penumpang dengan melakukan pembelian tiket melalui aplikasi KAI Access atau loket di stasiun maksimal dua jam sebelum keberangkatan KA Baturraden Ekspres dan selama tiket masih tersedia.

Lebih lanjut, Daniel mengatakan, selain sebagai bentuk apresiasi dan upaya memanjakan pelanggan KA Baturraden Ekspres, pemberlakuan tarif khusus juga karena pihaknya melihat animo masyarakat untuk menggunakan layanan kereta api tersebut cukup tinggi.

"Bahkan ketika KA Baturraden Ekspres dioperasikan kembali pada 21 Desember 2022 hinga 31 Januari 2023 untuk mendukung angkutan Natal dan Tahun Baru, okupansi penumpang kereta api tersebut mencapai 6.377 orang," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, KAI menambah waktu operasi KA Baturraden Ekspres dengan menjalankannya setiap hari selama Februari 2023.

Kendati demikian, dia mengakui jadwal keberangkatan KA Baturraden Ekspres dari Stasiun Purwokerto mengalami perubahan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KA tersebut karena sebelumnya diberangkatkan pada pukul 19.40 WIB berubah menjadi pukul 21.45 WIB.

"Perubahan waktu keberangkatan tersebut dilakukan agar sesuai harapan pelanggan pada saat tiba di Stasiun Bandung, yakni pukul 04.07 WIB," kata Daniel.

KA Baturraden Ekspres pertama kali dijalankan pada 25 Juni 2021 yang melayani relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung PP, namun operasionalnya tidak berjalan lama karena adanya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat terkait dengan pandemi Covid-19.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement