Selasa 31 Jan 2023 18:01 WIB

Waspadai Serangan Ular Saat Pasang Air Laut Naik

Ular berbisa keluar dari sarangnya di rawa-rawa saat pasang air laut tinggi.

Waspadai serangan ular saat pasang air laut naik. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Waspadai serangan ular saat pasang air laut naik. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG PINANG -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Riau (BPBD Kepri) meminta warga untuk mewaspadai ular yang masuk ke sekitar kediaman rumah mereka. Kepala BPBD Kepri Muhammad Hasbi di Tanjung Pinang, Selasa (31/1/2023), mengatakan, ular berbisa keluar dari sarangnya di rawa-rawa saat pasang air laut tinggi.

Petugas BPBD Kepri menerima laporan dari sejumlah warga di Tanjung Pinang dan Bintan yang melihat ular di sekitar kediamannya saat air laut menggenangi jalan dan masuk ke dalam rumah. Ukuran ular tersebut tidak panjang, namun dapat mengancam keselamatanwarga. Warga berhasil mengusir ular tersebut.

Baca Juga

Sampai saat ini, kata dia tidak ada warga yang digigit ular, meski mengancam keselamatan mereka. "Perubahan fungsi rawa saat pasang air laut tinggi dan hujan deras menyebabkan ular keluar dari sarangnya. Karena itu warga harus waspada, dengan cara memperhatikan kondisi rumah dan lingkungan sekitarnya," katanya.

Selain itu, kata dia, sejumlah warga pesisir juga melihat banyak biawak dari rawa yang berkeliaran sampai ke pemukiman warga. Biawak itu tidak mengancam keselamatan warga, namun warga harus mewaspadai jangan sampai memangsa hewan ternak. "Warga juga harus mewaspadai buaya di sejumlah kawasan pesisir di Pulau Bintan," kata Muhammad Hasbi.

Prakirawan BMKG Tanjung Pinang, Arifah Dwi Yuliani, mengatakan, pasang air laut cukup tinggi, namun tidak menyebabkan banjir rob seperti peristiwa Rabu pekan lalu. "Pasang air laut kembali tinggi pada 4 Februari 2023, masyarakat pesisir harus mewaspadainya," katanya.

Warga, terutama pengguna transportasi laut harus mewaspada tinggi gelombang laut di Perairan Bintan yang mencapai 4 meter, sama seperti di Perairan Lingga. Sedangkan gelombang laut di Tanjungpinang dan Batam mencapai 2,5 meter.

Sementara kecepatan angin mencapai 30 knot. Suhu udara berkisar 24-29 derajat Celsius.

"Gelombang tinggi, angin kencang dan hujan lebat masih terjadi di Bintan dan Tanjungpinang," ujar Arifah Dwi Yuliani.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement