Ahad 24 Jul 2022 16:42 WIB

Wagub DKI Ingatkan Orang Tua Awasi Anak yang Gunakan Gawai

Orang tua juga sebaiknya berhati-hati meminjamkan, memberikan, atau membelikan gawai.

Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, saat meresmikan pembukaan BKOW Fair (Pasar Murah dan Hiburan Rakyat) di Pusat Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan.
Foto: BKOW
Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, saat meresmikan pembukaan BKOW Fair (Pasar Murah dan Hiburan Rakyat) di Pusat Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengingatkan orang tua agar mengawasi anak saat menggunakan gawai guna terbebas dari berbagai pengaruh negatif. "Jangan sampai niatnya baik tetapi anak-anak melihat yang tidak baik, menggunakan yang tidak baik. Mari kita jaga penggunaan gadget anak, agar anak-anak terjaga," ujar Riza di sela perhelatan BKOW Fair 2022 di Pusat Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan, Ahad (24/7/2022). 

Bukan hanya penggunaan, Riza mengatakan orang tua juga sebaiknya berhati-hati meminjamkan, memberikan, apalagi membelikan gawai pada anak. "Yang lebih penting, hati-hati sekarang meminjamkan, memberikan apalagi membelikan gadget pada anak-anak. Harus disortir, harus dijaga," tutur dia.

Baca Juga

Orang tua dan masyarakat, sambung Riza, harus bertanggung jawab dan memastikan anak-anak terlindungi dari berbagai pengaruh negatif, termasuk kekerasan seksual. Riza kala itu hadir bersama istrinya, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum DKI Jakarta Ellisa Sumarlin. 

Dalam sambutannya, Ellisna mengungkapkan sebanyak 6.341 orang menghadiri Pasar Murah dan Hiburan Rakyat (BKOW Fair 2022) yang digelar sejak Sabtu (23/7) hingga Ahad ini. "Hari pertama sekitar 3.645 orang, hari kedua sekitar 2.696 orang dalam waktu dua jam, luar biasa," ujar dia. Menurut Ellisna, acara BKOW Fair 2022 berlangsung lancar sesuai target, mulai dari perlombaan, bazar kuliner nusantara, donor darah, pemeriksaan kesehatan, vaksinasi Covid-19, pembagian sembako hingga pentas musik."Alhamdulillah berlangsung meriah," ucap dia.

Dia mengatakan, kegiatan donor darah yang berlangsung sejak pagi tadi diikuti sebanyak 81 orang. Kegiatan ini bekerja sama dengan PMI Jakarta Selatan. Dalam kesempatan terpisah, pengurus BKOW Provinsi DKI Jakarta Kaniawati mengatakan khusus kegiatan donor darah, menargetkan sebanyak 100 orang berpartisipasi. Walau begitu, tak semua orang dapat memenuhi syarat menjadi donor. 

Menurut dia, kondisi kesehatan seperti tekanan darah yang tinggi atau rendah serta Hb rendah menjadi alasan calon pendonor ini gagal menyumbangkan darahnya. "Lupa belum tiga bulan setelah donor. Ada yang baru vaksin, jeda dulu. Lalu yang lagi menstruasi tidak bisa. Apalagi yang lagi hamil enggak bisa," tutur dia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement