Kamis 15 Feb 2024 21:55 WIB

Pangdam: Helikopter TNI Angkut Logistik ke Empat Distrik di Mamberamo Raya

Sebelumnya, helikopter yang mengangkut logistik kesulitan menemukan titik koordinat.

Tiga relawan memindahkan logistik Pemilu 2024. (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Tiga relawan memindahkan logistik Pemilu 2024. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA--Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengatakan, helikopter milik TNI sejak Rabu (14/2/2024) dikerahkan untuk mengangkut logistik pemilu ke empat distrik di Kabupaten Mamberamo Raya. Dilaporkan 20 TPS di Mamberamo Raya belum menggelar pencoblosan.

Memang benar helikopter TNI kembali digunakan untuk mengangkut logistik pemilu ke kampung-kampung yang TPS-nya belum melakukan pemungutan suara akibat logistik belum tiba.

Baca Juga

"Ada empat distrik yang warganya belum melakukan pemungutan suara sehingga untuk mempercepat pengiriman maka TNI membantu mengangkut logistik," kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan kepada, Kamis (15/2/2024).

Dikatakan, sebelumnya KPU Mamberamo Raya meminta bantuan penggunaan helikopter untuk mengangkut logistik ke 20 TPS yang tersebar di empat distrik. Helikopter yang digunakan untuk mengangkut logistik pemilu ke empat distrik di Kabupaten Mamberamo Raya itu jenis Super Puma milik TNI-AU.

Sebelumnya, Rabu (14/2/2024), pihaknya juga membantu mengangkut logistik ke Distrik Apawer di Kabupaten Sarmi. Di mana ada 10 TPS yang belum melakukan pemungutan suara akibat keterlambatan logistik pemilu dengan menggunakan helikopter jenis Bell milik TNI-AD.

Untuk pengiriman ke Distrik Apawer di Kabupaten Sarmi sudah dilaksanakan, Rabu (14/2/2024). Pada Kamis (15/2/2024) pengiriman dilakukan keempat distrik di Kabupaten Mamberamo Raya.

"Mudah-mudahan dengan telah tibanya logistik maka pemungutan suara susulan dapat segera dilaksanakan," ujar Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan.

Ketua KPU Papua Steve Dumbon secara terpisah menjelaskan, keterlambatan pengiriman logistik ke empat distrik di Kabupaten Mamberamo Raya akibat helikopter sebelumnya yang mengangkut logistik kesulitan menemukan titik koordinat.

Akibat logistik tidak dapat didistribusikan hingga akhirnya meminta bantuan ke Kodam XVII/Cenderawasih untuk mengangkutnya. "Dari laporan yang diterima, Kamis (15/2/2024) siang logistik sudah diterima dan kemungkinan Jumat (16/2/2024) baru dilaksanakan pemungutan suara susulan," kata Ketua KPU Papua Steve Dumbon.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement