Senin 05 Feb 2024 17:24 WIB

Ketua DKPP: Pencawapresan Gibran tak Terganggu, Ini Murni Pelanggaran Etik Ketua KPU RI

DKPP RI menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir kepada ketua KPU.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito (tengah) membacakan vonis terhadap Ketua KPU Hasyim Asyari  terkait penerimaan pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres
Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito (tengah) membacakan vonis terhadap Ketua KPU Hasyim Asyari terkait penerimaan pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito menyatakan pelanggaran kode etik Ketua KPU RI sekaligus para komisionernya tak memengaruhi pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2024.

Heddy menyebut putusan terhadap Hasyim Asy'ari tergolong urusan kode etik. Dengan demikian, Heddy mengatakan putusan tersebut tak berhubungan dengan keikutsertaan Gibran di Pilpres 2024.

 

"Nggak ada kaitannya dengan pencalonan juga, ini murni soal etik, murni soal etik penyelenggara pemilu," kata Heddy kepada wartawan di Kompleks DPR RI, pada Senin (5/2/2024). 

 

Heddy menegaskan putusan itu tidak membatalkan pencalonan Gibran sebagai Cawapres pendamping Prabowo Subianto. 

"Enggak. Ini kan murni putusan etik nggak ada kaitannya dengan pencalonan, nggak ada," ujar Heddy. 

 

Heddy juga menyampaikan putusan dari DKPP sebenarnya tidak bersifat akumulatif. Dengan begitu, kasus pengaduan Ketua KPU RI tak disamakan dengan perkara pengaduan lainnya.  "Tidak ada putusan akumulatif di DKPP, perkaranya beda. Yang dulu yang soal pengaduan lain ya berbeda, itu aja," ujar Heddy.

 

Sebelumnya, DKPP RI menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari. Sanksi ini berkaitan penerimaan pendaftaran Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres). Selain Hasyim, ada enam Anggota KPU RI yang diganjar sanksi peringatan keras. Sanksi ini diketok dalam putusan yang sama. 

 

"Menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir kepada Hasyim Asy'ari selaku teradu satu, selaku ketua merangkap Anggota Komisi Pemilihan Umum berlaku sejak keputusan ini dibacakan," kata Ketua DKPP RI Heddy Lugito dalam ruang sidang di Kantor DKPP RI, Jakarta Pusat pada Senin (5/2/2024).

 

Sedangkan anggota KPU RI yang ikut dijatuhi sanksi ialah Yulianto Sudrajat, August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Idham Holik, Muhammad Afifuddin, dan Parsadaan Harahap.

 

Diketahui, hari ini DKPP membaca empat putusan atas sidang soal pendaftaran Gibran. Semua ketua dan Anggota KPU RI menjadi teradu. Adapun nomor perkara sidang kali ini adalah: 135-PKE-DKPP/XXI/2023, 136-PKE-DKPP/XXI/2023, 137-PKE-DKPP/XXI/2024, dan 141-PKE-DKPP/XXI/2023.

 

Para pelapor Pelapor mendalilkan Ketua dan Anggota KPU RI diduga melakukan pelanggaran etik karena memproses Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden.

 

Kuasa hukum Demas Brian Wicaksono, Sunandiantoro yang merupakan pelapor perkara 135 menyampaikan Gibran mendaftar pada saat peraturan KPU RI masih mensyaratkan calon minimal usia 40 tahun. KPU pun mengubahnya seusai proses di KPU berjalan.

 

"Hal itu telah jelas-jelas membuktikan tindakan para terlapor merupakan tindakan yang bertentangan dengan prinsip berkepastian hukum penyelenggara pemilu dan melanggar sebagaimana tertuang dalam Pasal 11 Peraturan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu No 2/2017 tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilu," kata Sunandiantoro dalam sidang di DKPP beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement