Senin 29 Jan 2024 09:58 WIB

Gerakan Boikot BDS Sebut Keputusan ICJ Kekalahan Besar Zionis Israel   

Gerakan BDS tetap serukan aksi boikot untuk lawan zioinis Israel

Rep: Mabruroh, Lintar Satria/ Red: Nashih Nashrullah
Menteri Kehakiman dan Lembaga Pemasyarakatan Republik Afrika Selatan Ronald Lamola, (tengah) dan anggota Komite Nasional Afrika bereaksi ketika mereka menyaksikan Mahkamah Internasional (ICJ) memutuskan tindakan darurat yang diminta oleh Afrika Selatan terhadap Israel atas perangnya di Jalur Gaza, di Johannesburg, 26 Januari 2024.
Foto: EPA-EFE/ALAISTER RUSSELL
Menteri Kehakiman dan Lembaga Pemasyarakatan Republik Afrika Selatan Ronald Lamola, (tengah) dan anggota Komite Nasional Afrika bereaksi ketika mereka menyaksikan Mahkamah Internasional (ICJ) memutuskan tindakan darurat yang diminta oleh Afrika Selatan terhadap Israel atas perangnya di Jalur Gaza, di Johannesburg, 26 Januari 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM — Gerakan Boikot, Divestasi, Sanksi (BSS) telah menyambut baik keputusan sementara bersejarah oleh Mahkamah Internasional (ICJ) pada hari Jumat (26/1/2024). Afrika Selatan mengajukan kasus dugaan genosida yang dilakukan Israel di jalur Gaza. 

Dilansir dari The New Arab, Senin (29/1/2024), BDS, sebuah gerakan tanpa kekerasan yang dipimpin Palestina yang mempromosikan boikot, divestasi, dan sanksi ekonomi terhadap Israel, mengatakan ICJ membuat sejarah dalam keputusannya dengan mengonfirmasi masuk akalnya tuduhan Afrika Selatan di bawah Konvensi Genosida. 

Baca Juga

Komite Nasional BDS Palestina (BNC) dalam sebuah pernyataan, mendesak semua negara untuk mematuhi kewajiban hukum mereka dengan secara sepihak dan kolektif mengambil semua tindakan yang layak, untuk segera dan memastikan bahwa Israel menghormati keputusan pengadilan dan mengimplementasikan secara penuh dan tanpa penundaan tindakan sementara yang diperintahkan.

Itu mencatat bahwa sementara pengadilan gagal secara eksplisit memerintahkan gencatan senjata segera dan permanen untuk menghentikan genosida, negara-negara sekarang harus ditekan untuk memenuhi kewajiban hukum mereka dan untuk memaksakan gencatan senjata pada Israel. 

“Keputusan ICJ sekarang menempatkan tanggung jawab hukum yang meningkat, belum lagi moral di pundak negara-negara yang menghormati hukum internasional, masyarakat sipil, dan orang-orang yang memiliki hati nurani di seluruh dunia untuk mengakhiri genosida Israel yang sedang berlangsung dan untuk membantu membongkar sistem penindasan yang mendasarinya," kata pernyataan itu 

Itu menyerukan pertanggungjawaban untuk membantu kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, dan berpotensi genosida, dan mendesak untuk memberlakukan embargo militer dua arah, mengadopsi embargo senjata PBB, dan mengambil tindakan hukuman terhadap Israel.

"Negara ketiga yang secara sadar memasok senjata, bahan, dan dukungan lainnya kepada Israel untuk digunakan dalam kejahatan kekejaman, termasuk genosida, harus dimintai pertanggungjawaban karena berkontribusi pada tindakan yang salah secara internasional dan pelanggaran norma jus cogens dari hukum internasional," kata pernyataan itu. 

Ini menyerukan sanksi ekonomi terhadap Israel dan pengusirannya dari forum internasional dan tindakan ICC terhadap pelaku Israel. dan menekankan tanggung jawab untuk mengatasi akar penyebab Nakba Palestina. 

“Kami menyerukan kepada orang-orang di seluruh dunia untuk memanfaatkan momen yang diciptakan oleh keputusan ICJ dan menanggapi Seruan Bersatu Palestina untuk memperkuat solidaritas global yang berkembang dengan rakyat Palestina dan tujuan kami yang adil dengan mendukung dan secara aktif berpartisipasi dalam gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) global yang dipimpin Palestina," tambah pernyataan itu.

Serangan brutal Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 26 ribu orang, kebanyakan korban adalah wanita dan anak-anak, dan melukai setidaknya 64 ribu lainnya.

Sementara itu, dalam.. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement