Selasa 23 Jan 2024 11:46 WIB

Kunjungi Sragen, Presiden Jokowi Tinjau Hasil Pembangunan Jalan Solo-Purwodadi

Presiden menyebut aspal ruas jalan Solo-Purwodadi itu sering rusak. 

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Irfan Fitrat
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau hasil pembangunan ruas jalan Solo-Purwodadi di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).
Foto: Dok Republika
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau hasil pembangunan ruas jalan Solo-Purwodadi di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SRAGEN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, untuk meninjau pembangunan jalan provinsi ruas Solo-Purwodadi, Selasa (23/1/2024). Setelah dibenahi dengan anggaran terkait Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah, diharapkan kondisi ruas jalan provinsi tersebut lebih awet.

Saat kunjungan kerja itu, Presiden didampingi ibu negara, Iriana Jokowi. Tampak juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, serta Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati. 

Baca Juga

“Ini saya ingin melihat selesainya seluruh ruas jalan yang kita kerjakan dengan Inpres Jalan Daerah (IJD),” kata Presiden Jokowi.

Presiden menjelaskan, secara nasional pada 2023, total anggaran untuk realisasi IJD itu mencapai sekitar Rp 14,6 triliun. Untuk pembangunan jalan di wilayah Provinsi Jawa Tengah dialokasikan sekitar Rp 1,3 triliun. “Untuk memperbaiki di Jawa Tengah kurang lebih 40 ruas jalan,” kata dia.

Khusus di Kabupaten Sragen, dialokasikan anggaran kurang lebih Rp 204 miliar untuk pembangunan tiga ruas jalan. “Ini jalan Solo-Purwodadi yang paling berat. Sudah puluhan tahun diaspal selalu rusak setiap tahun karena memang tanah dinamis,” ujar Presiden.

Karena itu, menurut Presiden, anggaran untuk pembangunan ruas jalan tersebut disediakan lebih besar. “Kita bangun biaya jauh lebih besar. Jalan Solo-Purwodadi memakai rigid beton. Biayanya besar, tapi tadi saya lihat bagus, mulus, dan kita harapkan ini lebih awet daripada kita aspal lagi,” kata Presiden.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement