Sabtu 06 Jan 2024 10:00 WIB

Pengamat: Layak Dinanti Isu Apa Yang Dibawa Anies dan Ganjar di Debat Ketiga

Anies, Ganjar, dan Prabowo harus mempersiapkan debat sebaik mungkin

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erdy Nasrul
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat mengikuti sesi debat perdana Calon Presiden di Halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat capres perdana mengangkat tema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, kerukunan masyarakat, dan pelayanan publik.  Debat tersebut berlangsung selama 120 menit yang terdiri dari 6 segmen dan 18 pertanyaan yang dipandu oleh moderator Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat mengikuti sesi debat perdana Calon Presiden di Halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat capres perdana mengangkat tema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, kerukunan masyarakat, dan pelayanan publik. Debat tersebut berlangsung selama 120 menit yang terdiri dari 6 segmen dan 18 pertanyaan yang dipandu oleh moderator Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Analis politik, Arifki Chaniago, mengatakan tema debat capres ketiga yakni tentang pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik merupakan menu yang mudah dilahap oleh capres nomor urut dua Prabowo Subianto.

Prabowo selain memiliki karir panjang di dunia militer, dia juga menjadi Menteri Pertahanan yang masih menjabat. Sehingga Arifki merasa Prabowo memiliki faktor-faktor yang akan membuatnya unggul di debat ketiga yang akan diselenggarakan di Istora Senayan, Ahad (7/1/2024) nanti. 

Baca Juga

"Kalau kita membaca tentu secara teknis dan juga persoalan tentu Prabowo lebih memahami isu-isu pertahanan. Prabowo berlatar belakang militer dan Prabowo adalah menteri pertahanan saat ini. Ini akan jadi keunggulan bagi Prabowo dari pada Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo," kata Arifki, Jumat (5/1/2024). 

Arifki justru penasaran isu apa yang akan dibawa oleh Anies dan Ganjar pada debat ketiga nanti. Karena capres nomor urut satu  dan tiga ini tidak memiliki latar belakang militer. Anies adalah seorang akademisi dan pendidik. Sedangkan ganjar adalah seorang birokrat dan politisi. 

"Layak kita nantikan isu apa yang akan dibawa oleh Pak Anies dan Pak Ganjar pada debat nanti," ujar Arifki. Beberapa hari lalu cawapres Muhaimin Iskandar melontarkan program pengadaan Alat Utama Sistem Pertahanan (alutsista) yang menelan anggaran mencapai Rp 385 triliun. Arifki menilai dengan pernyataan Muhaimin ini, memperlihatkan pasangan Anies-Muhaimin memakai prinsip beli payung setelah terjadi hujan. Artinya baru akan membeli alutsista bila Indonesia sudah terjadi atau terlibat perang. 

"Ini akan memperlemah posisi Anies dan Muhaimin dalam isu pertahanan," ucap Arifki. Sementara Arifki belum mendengar pasangan Ganjar-Mahfud menyinggung masalah pertahanan secara detail selama masa kampanye. 

Debat ketiga capres Pemilu 2024 akan berlangsung pada tanggal 7 Januari 2024 dengan topik pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Debat ditayangkan pada empat stasiun TV milik MNC Group, yakni RCTI, Global TV, dan iNews TV.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement