Kamis 04 Jan 2024 21:13 WIB

Iklim Skotlandia Berubah Lebih Cepat, Apa Maksudnya?

Skotlandia diprediksi akan memiliki fenomena cuaca yang lebih ekstrem.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Para analisis menyebutkan bahwa iklim Skotlandia akan berubah lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.
Foto: NASA/EPA
Para analisis menyebutkan bahwa iklim Skotlandia akan berubah lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Iklim Skotlandia berubah lebih cepat dari yang diperkirakan para ilmuwan, dengan meningkatnya kemungkinan terjadinya fenomena cuaca yang lebih sering dan ekstrem. Hal ini berdasarkan pada analisis baru dari The James Hutton Institute di Aberdeen, Skotlandia.

Para ahli di organisasi penelitian independen tersebut mengatakan bahwa pola cuaca di Skotlandia telah berubah secara substansial sejak tahun 1960. Bahkan perubahan yang diperkirakan akan terlihat selama tiga dekade ke depan sudah terjadi saat ini.

Baca Juga

Di beberapa bagian Skotlandia, suhu di bulan Februari misalnya, telah meningkat 2,5 derajat Celcius, sejak tahun 1960. Perubahan yang diamati ini sebanding dengan kisaran yang lebih rendah dari apa yang diproyeksikan oleh para ilmuwan iklim untuk periode 2020-2050 di masa depan, yang menyiratkan bahwa Skotlandia sedang menuju ke arah proyeksi suhu yang lebih tinggi.

Penelitian yang dilakukan untuk Pemerintah Skotlandia ini juga menyertakan peringatan bahwa peningkatan kelangkaan air dapat berdampak pada produktivitas tanaman, mengubah fungsi ekosistem, dan melemahkan upaya pemulihan lahan gambut penghasil gas rumah kaca di beberapa wilayah, terutama di dataran tinggi bagian tengah dan timur. Tren peningkatan pemanasan dan berkurangnya curah hujan pada musim semi dan musim panas juga akan meningkatkan risiko kebakaran hutan.

Peringatan ini muncul ketika Inggris, termasuk Skotlandia, mengalami bulan Juni terpanas yang pernah tercatat, sementara bulan Juli tercatat sebagai bulan terpanas di dunia dan pada tahun 2023 akan menjadi bulan terpanas yang pernah tercatat. Suhu permukaan laut global harian juga memecahkan rekor pada awal Agustus.

Cakupan es laut Antartika juga mencapai rekor terendah dengan ancaman terkait perubahan arus laut, sementara es laut Arktik juga terus menurun, yang mengindikasikan adanya perubahan substansial yang merugikan dalam cara pengaturan suhu bumi.

Pemimpin studi, Mike Rivington, mengatakan bahwa saat ini Skotlandia berada di tengah-tengah kerusakan iklim, dimana ekosistem yang mengatur iklim dan memungkinkan produksi pangan mengalami degradasi dan berisiko runtuh.

"Tidak pernah ada waktu yang lebih penting untuk memahami skala ancaman dan seberapa cepat kita harus bertindak. Percepatan perubahan iklim dan hilangnya keanekaragaman hayati dalam skala global dapat mendorong kita melewati titik kritis, yang jika dilewati tidak dapat dipulihkan,” kata Rivington seperti dilansir Phys, Kamis (4/1/2024).

Sekretaris Kabinet untuk Transportasi, Net Zero dan Transisi Berkeadilan Skotlandia, Mairi McAllan mengatakan bahwa temuan ini menggarisbawahi bahwa keadaan darurat iklim bukanlah ancaman yang jauh, melainkan sudah ada di depan mata. Badai telah menghantam Skotlandia dalam beberapa bulan terakhir dan tahun 2023 akan menjadi tahun terpanas yang pernah tercatat.

"Dampak perubahan iklim memengaruhi keluarga, komunitas, dan bisnis di seluruh Skotlandia. Itulah sebabnya kami mengambil tindakan untuk membuat Skotlandia lebih tangguh dalam menghadapi perubahan iklim,” jelas McAllan.

Penelitian ini dituangkan dalam dua laporan, yakni 'Climate Trends and Future Projections in Scotland' dan 'Climate Extremes in Scotland'. Kedua laporan tersebut melihat tren masa lalu, tetapi juga apa yang dapat kita harapkan, berdasarkan 12 proyeksi iklim hingga tahun 2080.

Data tersebut menunjukkan bahwa Skotlandia juga telah mengalami lebih banyak curah hujan selama musim dingin daripada yang diproyeksikan. Antara tahun 1990 hingga 2019, bulan Februari dan pada tingkat yang lebih rendah bulan April telah menjadi lebih basah, terutama di bagian barat, hingga 60 persen, melebihi perubahan yang diproyeksikan pada tahun 2050 sebesar 45-55 persen.

Dalam hal suhu, untuk Skotlandia secara keseluruhan, laporan menunjukkan bahwa Skotlandia akan mengalami kenaikan suhu sebesar 2 derajat Celcius pada tahun 2050-an, dengan bulan-bulan dari Mei hingga November mengalami kenaikan suhu hingga 4 derajat Celcius dalam tiga dekade mendatang (2020-2049).

Jumlah hari dengan cuaca kering secara berturut-turut - sebuah indikator untuk kekeringan dan risiko kebakaran hutan - juga diperkirakan akan meningkat di bulan-bulan yang lebih kering, seperti September.

"Iklim kita sedang berubah dan hal ini memiliki banyak implikasi. Hal ini akan meningkatkan tekanan terhadap spesies dan habitat serta seberapa baik fungsi ekosistem. Tanpa ekosistem sehat yang berfungsi penuh, pertanian dan cara-cara lain yang mendukung masyarakat dan ekonomi akan terhambat,” kata Rivington.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement