Jumat 22 Dec 2023 21:09 WIB

Bombastis, Cak Imin Ingin Bangun 40 Kota Selevel Jakarta

Pembangunan 40 kota selevel Jakarta bentuk keberpihakan dalam pembangunan merata.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Erik Purnama Putra
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Foto: Antara
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memilih membangun 40 kota besar selevel Jakarta ketimbang Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal itu disampaikan saat sesi pendalaman visi misi program kerja terkait perkotaan saat debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

"Kami punya tekad di dalam pemerintahan nanti, minimal harus dibangun 40 kota baru selevel Jakarta, dengan kemampuan menampung penduduk dan memberikan sarana memadai dan lingkungan yang sehat," ujar Cak Imin.

Cak Imin menilai, pembangunan 40 kota selevel Jakarta bentuk keberpihakan dalam pembangunan yang merata. Ketua umum DPP PKB tersebut menyebut, masalah pendanaan juga bukan masalah karena adanya skala prioritas.

"Fiskal yang dibutuhkan harus pandai mengatur skala prioritas, bukan setuju tidak setuju IKN, yang penting prioritas, tapi pemerataan, keadilan terbangun, agar sarana air bersih terwujud," ucap Cak Imin.

Wakil ketua DPR tersebut menyebut pembangunan 40 kota selevel Jakarta bisa dilakukan dalam waktu singkat. Dia menyebut, hanya perlu stimulus yang tidak besar untuk merealisasikan hal tersebut, contohnya dukungan sebesar Rp 1 triliun untuk membangun kota-kota di Kalimantan bisa seperti Jakarta.

"Perkotaan ini jadi kebutuhan untuk  pembangunan nasional kita, di antara kebutuhan pokok ialah infrastruktur memadai dan agar tidak terjadi penumpukan penduduk maka pembabgunan kota dibikin merata di berbagai tempat," kata Cak Imin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement