Rabu 20 Dec 2023 21:46 WIB

Arsjad dan Sandiaga Beri Masukan ke Mahfud Jelang Debat Cawapres

Mahfud juga menyerap aspirasi dari kelompok-kelompok masyarakat di bidang ekonomi.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid di Kantor TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Rabu (20/12/2023).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid di Kantor TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Arsjad Rasjid mengatakan bahwa Mahfud MD siap menghadapi debat calon wakil presiden (cawapres) yang digelar pada 22 Desember 2023. Dirinya yang merupakan Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) non-aktif dan Sandiaga Salahuddin Uno juga memberikan masukan terkait tema debat yang fokus di sektor ekonomi.

"Yang jelas dengan sendirinya kami-kami juga diminta masukan oleh Pak Mahfud, saya diminta masukan, Pak Sandi diminta masukan, Pak HT diminta masukan, semua yang istilahnya pengusaha dari konteks ekonomi," ujar Arsjad di Kantor TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Baca Juga

Mahfud juga disebutnya menyerap aspirasi dari kelompok-kelompok masyarakat yang bergerak di bidang ekonomi. Dengan persiapan tersebut, ia yakin cawapres nomor urut 3 itu akan unggul dibandingkan kontestan lainnya.

"Jadi selama ini Pak Mahfud mendengarkan masukan-masukan, dan di situlah beliau dapat, dan visi-misi beliau juga dengan Mas Ganjar, Mas Ganjar juga memberikan masukan, dan Pak Mahfud juga pingin tahu apa yg masukan dari Mas Ganjar," ujar Arsjad.

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. Adapun tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

photo
Jadwa dan Tema Debat Pilpres 2024 - (Infografis Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement