Senin 18 Dec 2023 22:31 WIB

HRW: Israel Gunakan Kelaparan Sebagai Senjata Perang

Selama lebih dari dua bulan, Israel telah merampas makanan dan air penduduk Gaza.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Warga Palestina antre untuk mendapatkan makanan selama pengeboman Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza di Rafah pada Senin, 13 November 2023.
Foto: AP Photo/Hatem Ali
Warga Palestina antre untuk mendapatkan makanan selama pengeboman Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza di Rafah pada Senin, 13 November 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Human Rights Watch (HRW) menyebut Israel menggunakan kelaparan sebagai senjata perang di Gaza. Israel dengan sengaja memutus akses orang ke air dan makanan yang merupakan kejahatan perang.

"Pasukan Israel dengan sengaja memblokir pengiriman air, makanan, dan bahan bakar, sementara dengan sengaja menghambat bantuan kemanusiaan, meratakan area pertanian, dan merampas penduduk sipil dari barang-barang yang sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup mereka," kata kelompok hak asasi manusia dalam sebuah pernyataan pada Senin (18/12/2023).

Baca Juga

Itu menunjukkan pernyataan yang dibuat oleh pejabat tinggi Israel, termasuk Menteri Pertahanan Yoav Gallant, Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir, dan Menteri Energi Israel Katz tentang niat mereka untuk merampas makanan, air, dan bahan bakar warga sipil di Gaza. Pernyataan mereka mencerminkan kebijakan yang dilakukan oleh pasukan Israel.

Pejabat Israel lainnya telah secara terbuka menyatakan bantuan kemanusiaan ke Gaza akan dikondisikan baik pada pembebasan sandera yang ditahan secara tidak sah oleh Hamas atau penghancuran Hamas.

"Selama lebih dari dua bulan, Israel telah merampas makanan dan air penduduk Gaza, sebuah kebijakan yang didorong atau didukung oleh pejabat tinggi Israel dan mencerminkan niat untuk membuat warga sipil kelaparan sebagai metode perang," kata Direktur HRW Israel dan Palestina Omar Shakir, dilansir dari TRT World, Senin (18/12/2023).

"Para pemimpin dunia harus berbicara menentang kejahatan perang yang menjijikkan ini, yang memiliki efek yang menghancurkan pada penduduk Gaza,” kata Omar Shakir.

HRW mengatakan hukum humaniter...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement