Senin 18 Dec 2023 16:51 WIB

Raffi Ahmad Bangun Beach Club di Gunungkidul, Dispar: Buka Lapangan Kerja, Tingkatkan PAD

Sektor pariwisata menjadi salah satu penerimaan PAD yang cukup besar di Gunungkidul.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Raffi Ahmad
Foto: Dok. Rexona
Raffi Ahmad

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL -- Figur publik Raffi Ahmad membangun beach club di kawasan Pantai Krakal, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Proyek destinasi wisata tersebut dilengkapi dengan ratusan villa dan resto.

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul menyebut bahwa proyek tersebut dapat membuka lapangan kerja untuk warga setempat. Hal ini juga dinilai akan meningkatkan pendapatan bagi warga khususnya di Gunungkidul.

Baca Juga

"Dari sisi tenaga kerja, beberapa warga kami di Gunungkidul bisa menjadi tenaga kerjanya dan tentu akan menambah pendapatan masyarakat," kata Kabid Pengembangan Destinasi Dispar Kabupaten Gunungkidul, Supriyanta kepada Republika, Senin (18/12/2023).

Selain itu, pembangunan proyek tersebut juga bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Gunungkidul melalui penerimaan pajak. Terlebih, sektor pariwisata masih menjadi salah satu penerimaan PAD yang cukup besar di Gunungkidul.

"Dari sisi pendapatan, dari pajak usahanya ini bisa menambah bagi PAD kami," ucap Supriyanta.

Supriyanta mengatakan, pihaknya menyambut baik dibangunnya beach club tersebut. Bahkan, Pemerintah Gunungkidul juga membuka kesempatan bagi investor lainnya untuk berinvestasi di kabupaten tersebut.

Terlebih, kata Supriyanta, Gunungkidul memiliki potensi wisata yang besar utamanya di kawasan pantai. Hal ini juga didukung dengan akses jalan ke Gunungkidul yang sudah lebih mudah.

"Misalnya ada beberapa investor yang ingin berinvestasi di Gunungkidul saya kira sangat bagus karena potensi wisatanya lengkap. Disamping itu, sekarang dengan jalan yang sudah mulai terbangunnya JJLS ini memudahkan akses. Kalau dulu Yogya-Wonosari ini kurang lebih satu jam, sekarang dengan kondisi normal kurang dari satu jam karena jalannya sudah cukup lebar dan halus atau sudah relatif enak jalannya," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement