Rabu 13 Dec 2023 13:19 WIB

Komisi III Minta Polda Jateng Ikut Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Polda Jateng mengamankan seluruh tahapan melalui Operasi Mantab Brata.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Gedung Mapolda Jateng.
Foto: Antara/R. Rekotomo
Gedung Mapolda Jateng.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG—Jajaran Kepolsian Daerah (Polda) Jawa Tengah diminta untuk terus menjaga profesionalisme dan kredibilitasnya, dalam mengamankan dan menciptakan kondusivitas dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

Sejauh ini, Polri, tidak terkecuali jajaran Polda Jawa Tengah, dinilai telah behasil dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam mengamankan setiap tahapan pelaksanaan pesta demokrasi.

Artinya, profesionalitas dan kredibilitas Polri sudah teruji, baik dalam menjaga kondusivitas kamtibmas, maupun dalam menjaga netralitas anggotanya dalam setiap tahapan pelaksanaan pemilu.

“Kami harap, kinarja positif ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan oleh jajaran Polda Jateng,” ungkap anggota Komisi III DPR RI, Siti Nurizka Putri Jaya, saat mengunjungi Mapolda Jateng.

Untuk itu, legislator Partai Gerindra ini meminta agar jajaran Polda Jateng terus konsisten melaksanakan tugas dan kewenangannya, sesuai dengan aturan perundang-undangan dalam mengawal dan mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024 nanti.

Anggota Komisi II DPR RI lainnya, Eva Yuliana menambahkan, sebagai wakil rakyat dari Dapil Jateng, mengaku juga merasakan keamanan dan kenyamanan yang telah dibina di wilayah setempat.

Legislator Partai Nasdem ini tetap meminta jajaran Polda Jateng juga menyiapkan diri dalam menghadapi dinamika situasi keamanan dan sosial yang terjadi.

Termasuk juga dalam mengantisipasi perubahan cuaca. “Ini harus dapat disikapi oleh Polda Jateng beserta jajarannya, dengan kesiapan yang prima. Sehingga situasi kondusif dapat terus dijaga,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Komisi III DPR RI yang dipimpin Bambang Wuryanto, melakukan Kunjungan Kerja Reses Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023/2024.

Rombongan Komisi III DPR RI diterima Kapolda Jateng , Irjen Pol Ahmad Luthfi, yang didampingi Kepala BNN Provinsi Jateng, Brigjen Pol Agus Rohmat, didampingi para pejabat utama kedua instansi di Gedung Borobudur.

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi pun memaparkan sejumlah kegiatan yang telah dilakukan pada 2023 di hadapan rombongan Komisi III DPR RI.

“Hadirnya bapak ibu wakil rakyat ke Polda Jateng ini memberikan semangat bagi kami untuk bertugas sebagai representasi negara dalam menghadirkan rasa aman di tengah masyarakat,” katanya.

Polda Jateng selama 2023, jelas dia, telah melaksanakan sejumlah operasi kepolisian. Seperti operasi di bidang lalu lintas, reserse, dan yang terbaru pengamanan kalender event internasional Piala Dunia U-17 dengan sukses.

Dalam rangka Pemilu 2024, Polda Jateng juga mengamankan seluruh tahapan melalui Operasi Mantab Brata. “Nantinya operasi ini akan berlanjut dengan Operasi Mantap Praja dengan sasaran pengamanan pemilukada serentak,” ungkapnya.

Sementara, Brigjen Agus memaparkan kegiatan-kegiatan dalam membuat sejumlah kampung tangguh, serta terobosan lain seperti sosialisasi bahaya narkoba di kalangan kampus dan jamaah pengajian.

“BNN Jateng juga sudah melaksanakan sosialisasi di kalangan muda dengan mengunjungi 12 kampus perguruan tinggi dan mlalui forum pengajian di Kota Pekalongan dan Wonogiri,” jelas dia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement