Selasa 05 Dec 2023 21:08 WIB

Resmi, Besok Pemain Liga Inggris Ini akan Disumpah Jadi Warga Negara Indonesia

Calon pemain timnas Indonesia itu kini bermain di Wolves U-21..

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Justin Hubner (kiri) dan Ivar Jenner, dua calon pemain naturalisasi Indonesia.
Foto: DOK PSSI
Justin Hubner (kiri) dan Ivar Jenner, dua calon pemain naturalisasi Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Justin Hubner dilaporkan akan tiba di tanah air pada Rabu (6/12/2023) dini hari WIB. Pemain kelahiran Belanda, 14 September 2003 itu akan mengambil sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI) demi bisa membela timnas Indonesia. Bek Wolverhampton Wanderers itu akan melakukan pengambilan sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta sekitar pukul 09.00 WIB.

"Confirm. Besok Rabu, 6 Desember 2023 Justin Hubner akan diambil sumpahnya untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI)," tulis akun Instagram PSSI, Selasa (5/12/2023).

Baca Juga

Naturalisasi Hubner diharapkan dapat mengangkat level timnas Indonesia di kancah internasional. Selain Hubner, PSSI saat ini juga tengah mengupayakan proses naturalisasi dua pemain lain. Mereka adalah Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Adapun proses naturalisasi kedua pemain tersebut sudah disetujui oleh Komisi III dan X DPR RI setelah mengadakan rapat kerja dengan Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo (Dito Ariotedjo) pada Senin (4/12/2023) yang juga dihadiri Sekjen PSSI Yunus Nusi beserta anggota Komite Eksekutif PSSI Ahmad Riyadh dan Sumardji.

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi Kewarganegaraan RI atas nama Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata pimpinan sidang Hetifah Sjaifudian.

Kehadiran Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Jay Idzes adalah pemain bek tengah dan berpengalaman bermain di Liga Eropa dan ini bermain di Liga Italia Serie B bersama tim Venezia. Sedangkan Nathan Tjoe-A-On adalah pemain bek kiri dan tengah, berpengalaman bermain di Liga Eropa. Kini dia berlaga di Liga Inggris EFL Championship bersama klub Swansea City.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement