Jumat 17 Nov 2023 21:26 WIB

RS Indonesia di Gaza Lumpuh

RS Indonesia di Gaza tak berfungsi lagi.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
RS Indonesia di Gaza
Foto: VOA
RS Indonesia di Gaza

REPUBLIKA.CO.ID,YERUSALEM — Rumah Sakit Indonesia di Gaza benar-benar tidak berfungsi lagi, menurut koresponden Al Arabiya melaporkan pada Kamis (16/11/2023). Seorang pejabat Hamas mengatakan, bahwa pemboman dan invasi darat Israel ke Jalur Gaza telah membuat 25 dari 35 rumah sakit di wilayah yang terkepung tidak dapat digunakan.

“Mereka juga menghancurkan 94 gedung pemerintah dan 253 sekolah,” kata seorang pejabat Hamas yang berbasis di Beirut, Osama Hamdan, pada konferensi pers di ibu kota Lebanon, dilansir dari Alarabiya, Jumat (17/11/2023).

Baca Juga

Petugas medis Palestina, mengatakan bahwa mereka semakin khawatir akan nyawa ratusan pasien dan staf medis di rumah sakit terbesar di Gaza, yang terputus dari semua hubungan dengan dunia luar selama lebih dari sehari setelah pasukan Israel masuk.

Israel mengatakan, pasukan komandonya masih melakukan pencarian di rumah sakit Al-Shifa pada hari Kamis, lebih dari sehari setelah mereka memasuki wilayahnya sebagai bagian dari serangan untuk memusnahkan militan Hamas di daerah kantong Palestina.

Human Rights Watch memperingatkan bahwa rumah sakit mempunyai perlindungan khusus berdasarkan hukum kemanusiaan internasional.

“Dokter, perawat, ambulans dan staf rumah sakit lainnya harus diizinkan melakukan pekerjaan mereka dan pasien harus dilindungi,” kata Direktur pengawas PBB Louis Charbonneau kepada Reuters.

Sumber:

https://english.alarabiya.net/News/middle-east/2023/11/16/Indonesian-Hospital-in-Gaza-is-completely-out-of-service-Al-Arabiya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement