Jumat 17 Nov 2023 14:09 WIB

Demonstran Pro Palestina Tutup Jembatan San Francisco, Suarakan Gencatan Senjata di Gaza

80 orang peserta demo ditangkap polisi San Francisco

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Jembatan Golden Gate ikon wisata Kota San Francisco Amerika.
Foto: EPA
Jembatan Golden Gate ikon wisata Kota San Francisco Amerika.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Para pengunjuk rasa pro Palestina yang turun ke jalan di San Francisco menyuarakan kepada Presiden AS Joe Biden mendesak dilakukannya gencatan senjata di Gaza, dengan memblokir semua jalur barat Jembatan Teluk San Francisco-Oakland selama berjam-jam pada Kamis (16/11/2023).

Petugas kepolisian setempat bertindak tegas atas aksi pro Palestina tersebut. "Setidaknya, 80 orang ditangkap dan lebih dari selusin kendaraan yang digunakan untuk memblokir jembatan kemudian diderek," kata pihak berwenang.

Baca Juga

Patroli Jalan Raya California mengatakan bahwa para pengunjuk rasa memblokir jalur ke arah barat pada bentang timur jembatan sebelum Treasure Island sesaat sebelum pukul 08.00. Dua jalur dibuka kembali tak lama setelah pukul 10.00 untuk kendaraan Caltrans dan kendaraan dinas, sementara beberapa kelompok lalu lintas kendaraan biasa merayap di bahu jalan sebelah kanan. Pada pukul 11 pagi, lalu lintas bergerak di dua lajur kanan.

Penutupan tersebut tidak mengherankan menyebabkan kemacetan ke arah barat di Jembatan Richmond-San Rafael dan Jembatan San Mateo.

Pada pukul 11:45 pagi, Caltrans mengatakan bahwa jalur yang dibuka kembali di jembatan tersebut masih secara khusus untuk membersihkan kendaraan yang terjebak selama protes berlangsung. Jembatan itu sendiri akhirnya dibuka kembali untuk lalu lintas ke arah barat beberapa menit kemudian.

Beberapa pengunjuk rasa merantai diri mereka sendiri di jalan raya. Gambar-gambar menunjukkan lengan para pengunjuk rasa saling terkunci melalui jendela-jendela yang terbuka dari beberapa kendaraan yang berhenti.

Arab Resource and Organizing Center (AROC) mengatakan di media sosial bahwa aksi yang dilakukan oleh sekitar 200 pengunjuk rasa ini untuk menyoroti apa yang mereka sebut sebagai genosida yang terjadi di Gaza ketika Presiden Joe Biden mengadakan pesta koktail di San Francisco.

Kelompok tersebut membentangkan spanduk bertuliskan, "Biden Harris: Gencatan Senjata Sekarang" di sepanjang jalan, sementara yang lain memegang spanduk bertuliskan "Tidak untuk bantuan militer AS ke Israel. Para pengunjuk rasa lainnya mengadakan "aksi mati" di jalan raya, menutupi tubuh mereka dengan kain putih dan plakat bertuliskan "11.000 orang tewas."

Jesse Strauss, salah satu penyelenggara protes dan aktivis Yahudi dari Oakland, menyoroti motif demonstrasi tersebut. "Apa yang terjadi hari ini di Bay Bridge adalah tuntutan gencatan senjata dan penghentian bisnis seperti biasa, karena menurut saya, selama genosida masih terjadi, kita harus menghentikannya," tegas Strauss dengan penuh semangat.

Strauss melihat momentum penyelenggeran KTT APEC dinilai tepat untuk menyuarakan dukungan pada gencatan senjata di Gaza. "Gangguan ini merupakan tuntutan bagi para pemimpin untuk memberikan perhatian. Kami tahu mereka tahu apa yang sedang terjadi. Kami tahu mereka mengabaikannya. Kami tahu mereka tidak menghormati kesusilaan dasar kehidupan manusia dalam hukum internasional," kata Strauss menekankan.

Lalu lintas ke arah timur di jembatan keluar dari San Francisco juga terkena dampak dari aksi protes tersebut. Pada pukul 9.30 pagi, juru bicara CHP mengatakan bahwa para pengunjuk rasa ditangkap dan petugas sedang bekerja untuk memindahkan kendaraan dari jalan raya.

"Ini akan memakan waktu cukup lama. Namun, kami tidak akan memblokir semua jalur, jadi kami berharap kami dapat membuka kembali setidaknya satu atau dua jalur untuk sementara waktu agar lalu lintas dapat mulai mengalir," ujar juru bicara CHP, Petugas Art Montiel.

Pada konferensi pers di jembatan beberapa saat kemudian, CHP mengatakan 50 orang ditangkap dan setidaknya 15 mobil dikeluarkan dari jembatan. Sekitar 250 polisi dan petugas CHP dikerahkan untuk melakukan protes. Sebanyak 50 pengunjuk rasa lainnya dapat ditangkap setelah CHP meninjau video-video dari para peserta yang aktif dalam aksi tersebut, kata CHP.

Kepala divisi Patroli Jalan Raya California, Ezery Beauchamp, menyebut protes jembatan tersebut sangat terkoordinasi dan mengatakan bahwa para peserta menutup jembatan tersebut dalam hitungan detik. Meskipun Beauchamp mengatakan bahwa patroli tersebut mendukung hak kebebasan berbicara, CHP tidak membenarkan penutupan lalu lintas yang dapat mencegah kendaraan darurat melintas.

"Ini adalah cara yang salah untuk melakukannya," katanya. "Ini 100 persen salah, tidak dapat diterima dan ilegal."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement