Jumat 03 Nov 2023 09:15 WIB

Jungkook BTS Tanggapi Kritik Lagunya yang Pakai Bahasa Inggris di Album Golden

Lagu-lagu di album Golden Jungkook BTS banyak menggunakan bahasa Inggris.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Jungkook BTS. Jungkook memberikan tanggapan terhadap kritik yang menyebut lagunya menggunakan bahasa Inggris.
Foto: Dok. BigHit/Hybe
Jungkook BTS. Jungkook memberikan tanggapan terhadap kritik yang menyebut lagunya menggunakan bahasa Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Album debut Jungkook BTS yang berjudul Golden dirilis pada hari ini, Jumat (3/11/2023). Dalam beberapa bulan terakhir, penyanyi bernama lahir Jeon Jung-kook itu telah merilis sejumlah single yang dimasukkan ke dalam album tersebut, termasuk “Seven” dan "3D". Semua lagu memiliki satu kesamaan yaitu liriknya dalam bahasa Inggris.

Kritik terhadap lirik berbahasa Inggris bukan hanya dialamatkan kepada Jungkook. Sebagian warganet baru-baru ini juga mengungkapkan ketidakpuasan mereka terhadap banyaknya lirik berbahasa Inggris dalam lagu-lagu grup lain seperti NewJeans, Blackpink, dan BTS. Jungkook tampaknya telah merespons sebagian kritik ini dalam wawancara terbarunya dengan PICKCON.

Baca Juga

Ketika ditanya tentang album Golden, penyanyi kelahiran 1 September 1997 itu menyebutkan bahwa album tersebut disiapkan khusus untuk pasar luar negeri, dan itulah sebabnya semua lagunya dalam bahasa Inggris. “Album ini dipersiapkan untuk pasar luar negeri, jadi kami memilih semua lagu berbahasa Inggris,” kata Jungkook, dilansir Koreaboo, Jumat (3/11/2023).

Penyanyi asal Busan itu juga menjelaskan, dia selalu ingin menantang dirinya dalam bermusik, dan bahwa lagu-lagu berbahasa Korea akan segera menyusul. “Meski mengalami kesulitan, saya sangat senang karena semua lagu pada akhirnya berakhir dengan baik,” ujar anggota termuda grup BTS itu.

Meskipun perdebatan mengenai bahasa lagu terus berlanjut, tak ada keraguan bahwa para penggemar akan tetap menyambut baik rilisan Jungkook, tidak peduli dalam bahasa apa pun. “Secara musikal, saya ingin menantang diri sendiri, dan saya mencoba memikirkan cara berbeda untuk menunjukkan sisi lain dari diri saya,” kata Jungkook.

Jungkook bahkan sebelumnya sempat memberikan pandangan negatifnya terhadap salah satu lagu dalam album tersebut. “Saya ingin mempersembahkan lagu Korea kepada Anda segera, setelah saya memiliki kesempatan, jadi tolong nantikan itu,” ujar Jungkook.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement