Senin 30 Oct 2023 20:54 WIB

Apa yang Bisa Kita Lakukan untuk Palestina?

Saat ini kantong-kantong donasi untuk bantuan Palestina tersedia di mana saja.

Burung melintas saat asap mengepul dari bagian utara Jalur Gaza akibat serangan Israel, Ahad (29/10/2023).
Foto: EPA-EFE/HANNIBAL HANSCHKE
Burung melintas saat asap mengepul dari bagian utara Jalur Gaza akibat serangan Israel, Ahad (29/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Gita Amanda*

Berita mengenai apa yang terjadi di Palestina sungguh menyayat hati. Korban jiwa yang terus berjatuhan kini bahkan lebih banyak dari anak-anak. Rasanya hampir putus asa melihat apa yang terjadi di sana. Kita seakan tak berdaya hanya mampu menyaksikan kebiadaban terus terjadi di tanah Palestina khususnya Gaza. 

Baca Juga

Tak hanya dihujani serangan tanpa henti, Gaza hampir seperti kota mati. Tak ada lagi kata “layak” untuk dihuni. Tanpa listrik, tanpa air, tanpa pasokan makanan. Masyarakat bahkan harus berebut bantuan untuk tetap bertahan. Sementara serangan terus terjadi. 

Seruan gencatan senjata yang dikeluarkan PBB, Jumat (27/10/2023) kemarin juga bagai angin lalu. Tak membuat Israel bergeming dan menghentikan serangan. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu malah membuat keputusan memperluas operasi darat di Jalur Gaza.

Itu sudah disetujui dengan suara bulat oleh anggota kabinet perang Israel. “Kita baru berada di awal perjalanan. Pertempuran di Jalur Gaza akan sulit dan berlarut-larut dan kami siap menghadapinya," kata Netanyahu dilansir Middle East Monitor, Ahad (29/10/2023).

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk membantu masyarakat Palestina? Kok rasanya apa yang kita lakukan tak bisa mengubah apa yang terjadi saat ini, tak mampu membantu saudara-saudara kita di Palestina. Wong bekingan Israel negara-negara adidaya.

Jangan, jangan pernah berpikir seperti itu! Nyatanya banyak sekali hal yang bisa kita lakukan, meski kecil tapi jangan khawatir.

Jangan berhenti bersuara 

Kadang kita mungkin merasa putus asa, melihat sudah banyak informasi dan berita serta fakta terkait apa yang terjadi di Palestina berseliweran, tapi kok perang masih saja terus berlanjut. Terus suarakan fakta-fakta yang terjadi di Jalur Gaza. 

Satu dua orang mengunggah tentang Palestina, lama-lama akan semakin besar dan menjadi gerakan massal. Baik di media arus utama maupun media sosial.  Atau “panggung-panggung” mana pun. Lakukan semampu dan sebisa kita. 

Siapa pun kalian, suara kalian atas apa yang terjadi di Palestina akan berguna. Buih itu jika banyak lama-lama menjadi gelombang yang mampu menghantam. Siapa pun kita apapun profesinya, bisa membantu dengan menyuarakan apa yang terjadi di Palestina, setiap harinya.

Bantu donasi

Besar kecil bukan masalah. Sedikit donasi kita bisa berarti besar bagi saudara-saudara di Gaza, Palestina. Apalagi saat ini kantong-kantong donasi untuk bantuan Palestina tersedia di mana saja. Sisihkan sedikit saja rezeki untuk mereka yang kelaparan juga butuh obat-obatan. 

Ikut aksi

Jika memungkinkan tunjukkan dukungan kita pada Palestina dengan turun ke jalan. Saat ini jutaan warga dari Eropa, Timur Tengah dan Asia menggelar aksi demonstrasi untuk menuntut penghentian serangan Israel terhadap Palestina di Jalur Gaza. 

Sabtu (28/10/2023) lalu, ribuan masyarakat memadati depan gedung Kedutaan Besar AS di Jakarta. Mereka menyuarakan dukungan terhadap Palestina.  Apa yang dilakukan Israel sudah jauh dari kata kemanusiaan bahkan jauh dari aturan-aturan dalam peperangan. 

Seperti kita tahu, semestinya perempuan, anak-anak dan lansia serta fasilitas kesehatan harus dihindari dalam serangan saat perang. Namun, tentara Israel tak mempedulikan hal itu, mereka menghancurkan rumah sakit, masjid, gereja, sekolah apalagi rumah-rumah warga. Menyerang anak-anak, menangkap perempuan dan lansia. 

Hindari produk Israel

Meski mungkin sulit, karena beberapa produk Israel sangat dekat dengan keseharian kita, tapi tak ada salahnya untuk pelan-pelan mencari produk yang bukan diproduksi dari Israel. Mungkin dulu menghindari produk Israel sangat sulit sebab tak banyak alternatif. 

Namun saat ini, kita punya banyak sekali pilihan alternatif produk. Siapa tahu langkah kecil kita bisa berdampak besar nantinya.

Edukasi anak-anak kita

Bagi yang sudah memiliki buah hati, tak ada salahnya menyampaikan, dengan bahasa sederhana sesuai usia, atas apa yang terjadi di Palestina. Apa yang terjadi dengan teman-teman mereka di Gaza. Tujuannya, menumbuhkan simpati dan memberi edukasi.  

Doa tak putus

Sebagai manusia yang penuh keterbatasan, tentu jalan terakhir yang bisa dilakukan hanya berdoa. 

Meminta kepada Allah SWT yang Maha Kuasa untuk menyelamatkan saudara-saudara di Palestina. Satu hal yang insya Allah pasti terjadi, mereka yang gugur di perang di jalan Allah SWT, akan dijanjikan surga.

Meninggal dalam keadaan syahid. Itu mengapa jika kita lihat di berita-berita setiap ada keluarga yang meninggal akibat serangan Israel, para keluarga Palestina ini akan mengucap syukur alhamdulillah di tengah derai tangis mereka. 

Mereka sedih tetapi juga bersyukur sebab anak atau kerabat mereka yang berpulang insya Allah dijamin surga.

 

*Penulis adalah jurnalis Republika.co.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement