Kamis 26 Oct 2023 10:56 WIB

Serang Terowongan Hamas, Israel Gunakan Bom Spons Hingga Gas Saraf

Penggunaan gas saraf ini di bawah pengawasan komando Delta Force AS.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Pejuang brigade Izz ad-Din al-Qassam, sayap militer Hamas (ilusrasi).
Foto: EPAEPA-EFE/MOHAMMED SABER
Pejuang brigade Izz ad-Din al-Qassam, sayap militer Hamas (ilusrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Israel akan menggunakan bom spons baru saat melancarkan serangan darat ke Gaza. Bom spons terbaru ini akan digunakan saat pasukan Israel menyerang jaringan terowongan Hamas. 

Dilansir the Telegraph, Rabu (25/10/2023), Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah menguji bom kimia tersebut. Bom spons terbaru ini tidak mengandung bahan peledak tetapi digunakan untuk menutup celah atau pintu masuk terowongan.

Baca Juga

Pasukan Israel kemungkinan besar akan menghadapi pertempuran berdarah melalui terowongan yang dikenal sebagai “Metro Gaza” saat mereka melancarkan invasi darat yang sudah diperkirakan sebelumnya.  Jaringan tersebut diperkirakan memiliki panjang ratusan mil dan padat dengan jebakan.

Selain menggunakan bom spons, tentara Israel juga akan membanjiri terowongan Hamas dengan gas saraf. Penggunaan gas saraf ini di bawah pengawasan komando Delta Force Amerika Serikat (AS). 

Seorang sumber senior Arab yang dekat dengan Hamas mengatakan, Israel dan AS berharap dapat menembus terowongan Hamas, menyelamatkan sekitar 220 sandera, dan membunuh ribuan sayap militer Hamas yang tergabung dalam Brigade al-Qassam Hamas.

“Rencana tersebut bergantung pada elemen kejutan untuk memenangkan pertempuran dengan menggunakan gas yang dilarang secara internasional, khususnya gas saraf, dan senjata kimia.  Gas saraf dalam jumlah besar akan dipompa ke dalam terowongan,” kata sumber itu, dilaporkan Middle East Eye, Rabu (25/10/2023).

Delta Force AS akan mengawasi sejumlah besar gas saraf yang dipompa ke terowongan Hamas. Gas saraf itu mampu melumpuhkan gerakan tubuh untuk jangka waktu antara enam hingga 12 jam.

“Selama periode ini, terowongan akan ditembus, para sandera akan diselamatkan dan ribuan tentara al-Qassam akan terbunuh,” kata sumber itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement