Jumat 22 Sep 2023 20:20 WIB

Pemakaman Muslim Andalusia Abad 13 Kembali Terungkap di Granada Spanyol

Granada adalah tempat perlindungan terakhir bagi umat Islam di Andalusia.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Sisa kerangka manusia yang diduga Muslim dari era Islam Andalusia (711-1492) ditemukan saat penggalian di Granada, Spanyol, 16 September 2023.
Foto: Anadolu Agency
Sisa kerangka manusia yang diduga Muslim dari era Islam Andalusia (711-1492) ditemukan saat penggalian di Granada, Spanyol, 16 September 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Para peneliti menemukan pemakaman Muslim berusia berabad-abad selama restorasi sebuah bangunan di Granada, sebuah kota terkemuka di wilayah Andalusia di Spanyol selatan.

Dihilangkan selama periode raja Katolik berikutnya, pemerintahan Islam Andalusia selama lebih dari 700 tahun telah meninggalkan jejak yang sekarang dicari di dalam dan sekitar Granada, bekas ibu kota emirat yang memerintah antara abad ke-13 dan ke-15 dan merupakan negara Muslim terakhir yang diketahui di Semenanjung Iberia.

Baca Juga

Arkeolog Amjad Suliman, yang sedang melakukan penelitian tentang peradaban Islam Andalusia, mengatakan mereka menggali salah satu dari delapan pemakaman Muslim di kota selama penggalian di tanah sebuah bangunan di pusat kota kuno Granada, di daerah yang dikenal sebagai "Bab al-Fukhareen," atau Potters' Quarter.

Menyatakan bahwa dua kuburan lainnya juga telah ditemukan, Suliman mengatakan mereka sejauh ini telah menemukan sisa-sisa lebih dari 40 Muslim di pemakaman Potters, dan bahwa total sekitar 150 Muslim diperkirakan dimakamkan di daerah kecil.

"Granada adalah tempat perlindungan terakhir bagi umat Islam di Andalusia, dan kepadatan penguburan di kuburan kuno yang digali di sini menunjukkan kepada kita seberapa tinggi jumlah Muslim yang hidup pada waktu itu," jelas Suliman dilansir dari Daily Sabah, Jumat (22/9/2023).

Mereka mengetahui kerangka manusia tersebut adalah milik Muslim dengan memeriksa cara mereka dimakamkan dan benda-benda di sekitar mereka. Suliman menambahkan  selama penggalian, mereka mencapai tiga lapisan kuburan bawah tanah, bersama dengan banyak potongan tembikar dengan prasasti Arab yang mirip dengan yang ada di Istana Alhambra, yang dibangun pada pertengahan abad ke-13 Granada.

Memperhatikan konsultasi arkeolog diwajibkan dalam pekerjaan konstruksi dan restorasi di Andalusia sejak 1995. “Di masa lalu, sisa-sisa manusia yang ditemukan selama pekerjaan konstruksi dikubur lagi di tanah dan dibangun di atasnya atau dibuang. Terutama dalam 20 tahun terakhir, karya-karya ini telah menjadi jauh lebih terorganisir dilakukan dengan cara yang terkendali,” ujar Suliman.

"Dalam penggalian yang dilakukan sejauh ini, ketika kami hanya menghitung yang terdokumentasi, sisa-sisa lebih dari 10 ribu (makam) Muslim telah digali," tambahnya.

Sisa-sisa yang dipindahkan dari lantai bangunan atau sebidang tanah dimakamkan di pemakaman Muslim saat ini di wilayah tersebut, setelah analisis antropologis mereka selesai. Saat ini, sekitar 40.000 Muslim tinggal di Granada, yang mayoritas adalah imigran.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement