Senin 11 Sep 2023 23:33 WIB

Sunnah Sebelum Memakai Sepatu yang Kerap Terabaikan, Padahal Sangat Bermanfaat

Rasulullah SAW mengajarkan adab sebelum memakai sepatu.

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW mengajarkan adab sebelum memakai sepatu
Foto: www.freepik.com
Rasulullah SAW mengajarkan adab sebelum memakai sepatu

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika hendak memakai sepatu, dianjurkan terlebih dulu mengibaskannya. Terlebih bila sepatu yang akan digunakan adalah sepatu yang sudah lama tidak dipakai. 

Ini merupakan sikap kehati-hatian, sebab boleh jadi ada hewan yang terdapat di dalam sepatu yang dapat membahayakan. Selain itu, merupakan cerminan diri menyukai kebersihan.   

Baca Juga

Inilah yang diajarkan Rasulullah SAW agar ketika menggunakan sepatu terhindar dari segala sesuatu yang berpotensi membahayakan diri. 

Rasulullah SAW mengajarkan untuk terlebih dulu mengibas-ngibaskan sepatu. Dengan tujuan agar seluruh kotoran dan apa pun yang berada di dalam sepatu itu dapat keluar. 

Sehingga sepatu dapat bersih dan nyaman digunakan. Sebab boleh jadi dalam sepatu itu ada kotoran, atau pun ada binatang kecil yang mematikan semisal kalajengking, laba-laba, dan lain sebagainya.   

Keterangan Rasulullah SAW tentang mengibas-ngibaskan sepatu yang sudah lama tidak digunakan dapat ditemukan dalam kitab at-Targib wa at-Tarhib.  

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْاَخِرِ فَلَا يَلْبَسْ خُفّفَّيْهِ حَتَّى يَنْفُضَهُمَا

Rasulullah ﷺ bersabda, “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah memakai sepasang sepatunya sampai terlebih dulu mengibas-ngibaskan sepasang sepatunya itu.” 

Baca juga: 15 Pengakuan Orientalis Non-Muslim Ini Tegaskan Alquran Murni tak Ada Kesalahan

Apa yang disampaikan Rasulullah SAW ini menunjukkan agungnya ajaran Islam, yakni bahwa Islam sangat memperhatikan terhadap kebersihan, kesehatan, dan keselamatan. Bahkan terhadap cara menggunakan sepatu pun telah dicontohkan oleh Rasulullah. 

Selain itu keterangan ini juga tidak hanya berlaku pada ketika akan menggunakan sepatu. Ketika hendak menggunakan baju atau celana, sarung, handuk terlebih yang sudah lama tidak digunakan sebaiknya kibaskan terlebih dahulu. Sebab khawatir bila terdapat kotoran atau pun hewan kecil yang menempel.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement