Senin 11 Sep 2023 15:09 WIB

Kepercayaan Erick Thohir Dinilai Membuat Shin Tae-yong Nyaman dan Leluasa

Posisi Ketua Umum PSSI Erick Thohir sangat berperan bagi kinerja Shin Tae-yong.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Ketua Umum PSSI Erick Thohir berbincang dengan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) seusai menyaksikan laga FIFA Matchday belum lama ini.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Ketua Umum PSSI Erick Thohir berbincang dengan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) seusai menyaksikan laga FIFA Matchday belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua kemenangan timnas Indonesia yang digembleng oleh pelatih Shin Tae-yong di dua ajang berbeda dalam tiga hari terakhir telah menyiratkan bahwa sang pelatih asal Korea Selatan (Korsel) ini telah mendapatkan kenyamanan dan menemukan keleluasaan dalam membentuk tim nasional (timnas) yang bermental juara.

Kedua kemenangan tersebut adalah saat timnas Indonesia senior menumbangkan Turkmenistan 2-0 pada laga FIFA Matchday di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/2023). Kemudian yang kedua adalah saat Rizky Ridho dkk menaklukan timnas China Taipei atau Taiwan 9-0, Sabtu (9/9/2023), di laga perdana Grup K babak kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Baca Juga

Pakar Manajemen Prestasi Olahraga, Djoko Pekik Irianto, menilai dua kemenangan berturut-turut tersebut menunjukkan Coach Shin Tae-yong (STY) sudah menemukan kenyamanan dan keleluasaan dalam mempersiapkan tim yang bermain, meskipun sebelumnya sempat kesulitan memanggil pemain dari klub.

Menurut Djoko Pekik, posisi Ketua Umum PSSI Erick Thohir sangat berperan dalam memberikan kenyamanan terhadap Coach STY.

"Peran Erick itu memberi kepercayaan dan memberi keyakinan kepada STY," kata Djoko Pekik dalam keterangannya, Senin (11/9/2023).

Selanjutnya, Djoko Pekik berpesan agar prestasi timnas dapat dipertahankan terus dipertahankan bahkan jauh lebih baik lagi. Menurutnya, Ketua Umum PSSI harus bisa memberikan keleluasaan kepada STY dan skuad Garuda untuk mengeksplorasi kemampuannya. "Beri kesempatan kepada mereka untuk mengeksplore kemampuannya dan membentuk timnas yang tangguh," ujarnya.

Selain itu, Djoko Pekik mengingatkan agar timnas Indonesia tidak kehilangan kewaspadaan hanya karena sudah memenangkan dua laga terakhir. Sebab, menurutnya, masih banyak timnas yang lebih kuat dari Turkmenistan dan Chinese Taipei.

"Bersyukur kita menang, namun team tetap harus siap dan waspada. Kemenangan tersebut tentu menjadi poin dan menambah percaya diri. Namun belum menjadi ukuran yang obyektif karena masih banyak lawan kuat menanti," kata Djoko Pekik menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement