Rabu 16 Aug 2023 15:18 WIB

Sst, Ada Kejutan pada Perangkat iPhone Baru

Ada rumor Apple beralih ke port pengisian USB-C sebagai salah satu fitur baru.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada rumor Apple beralih ke port pengisian USB-C sebagai salah satu fitur yang paling mungkin untuk iPhone 15.
Foto: dok GizChina
Ada rumor Apple beralih ke port pengisian USB-C sebagai salah satu fitur yang paling mungkin untuk iPhone 15.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Semua perhatian Apple tertuju pada seri iPhone 15 yang diharapkan akan debut bulan depan pada bulan September. Namun, ada rumor Apple beralih ke port pengisian USB-C sebagai salah satu fitur yang paling mungkin untuk iPhone 15.

Tetapi laporan baru menganggap Apple mungkin membawa pembaruan ini ke model iPhone lama juga.

Baca Juga

Dilansir Stuff, Rabu (16/8/2023), pengembang dan penulis Apple, Aaron menemukan referensi ke dua model iPhone baru dalam kode tvOS 17 Beta 5. Namun, nama numerik untuk perangkat ini menunjukkan bahwa ada dua perangkat bermerek iPhone 14 yang belum dirilis.

Jika Apple mengikuti siklusnya saat ini, A16 Bionic akan menuju ke model iPhone 15 kelas bawah, dengan chipset A17 baru di model premium. Jadi, kecil kemungkinan model tersebut adalah bagian dari seri baru.

Meskipun menambahkan fitur baru ke model iPhone lama terdengar aneh, keputusan Apple memang masuk akal. Peralihan ke USB-C sesuai dengan peraturan Uni Eropa yang menentukan perangkat yang dijual mulai tahun 2024 dan seterusnya harus menampilkan port USB-C untuk pengisian daya.

Selama beberapa tahun terakhir, Apple mempertahankan iPhone tahun sebelumnya di samping seri baru sebagai opsi yang lebih murah. Jadi, memperbarui iPhone 14 ke USB-C akan membuatnya tetap sejalan dengan aturan Uni Eropa, sementara Apple menyimpannya di jajaran iPhone.

Ini tentu saja merupakan langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi kita tidak akan terkejut melihat penyegaran USB-C iPhone 14. Jangan berharap ada perubahan lain, itu hanya port baru—seperti penyegaran warna. Pembaruan ini direncanakan hadir mulai September dan berlaku untuk semua iPhone baru tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement