Senin 31 Jul 2023 19:15 WIB

Diduga Akibat Warga Bakar Sampah, Lahan Sebelah JEC Yogya Kebakaran

Beruntung tak ada korban luka maupun korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL - Kebakaran lahan yang sangat besar terjadi di samping Gedung Jogja Expo Center (JEC), Jalan Raya Janti, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pukul 13.30 WIB.

Dari video yang di-posting Instagram @merapi_undercover terlihat upaya pemadam kebakaran dan warga setempat untuk memadamkan api. Asap juga terlihat membumbung tinggi di udara.

Baca Juga

Supervisor Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Aka Luk Luk Firmansyah mengatakan, pihaknya telah mengerahkan dua unit pemadam kebakaran ke lokasi.

"Kami telah mengerahkan dua unit pemadam kebakaran untuk memadamkan api,"ujar Firmansyah saat dikonfirmasi, Senin (31/7/2023).

Ia menjelaskan, penyebab kebakaran ini diduga karena warga membuang sampah lalu membakarnya hingga api menjadi sangat besar.

Menurut Firmansyah, sampah yang dibakar tersebut berada di semak belukar yang sudah mengering, sehingga mudah terbakar. Selain itu, lahan tersebut bukan area pembuangan sampah warga.

 "Api berasal dari pembakaran sampah yang dilakukan oleh warga lalu merembet ke area sekitar," jelasnya.

Beruntung tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Kendati persis di samping JEC, ia memastikan bahwa api tidak mengenai gedung JEC dan hanya membakar lahan di sampingnya. Pihaknya pun berupaya terus memadamkan api agar tidak merembet ke pemukiman warga. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement