Kamis 13 Jul 2023 07:29 WIB

Warganet Ramai Komentari Penampakan Benda Mirip UFO di Pasuruan dan Jember

BMKG belum menerima informasi detail terkait penampakan itu.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Penampakan UFO (ilustrasi)
Foto: dailymail
Penampakan UFO (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Dua postingan berisi potongan video penampakan benda mirip Unidentified Flying Object (UFO) yang diunggah akun Twitter @kabarUFO membikin heboh. Adapun

lokasi pengambilan gambarnya yakni sama-sama di wilayah Jawa Timur.

Postingan pertama berisi potongan video yang merekam benda mirip UFO, yang lokasi pengambilannya dari Bangil, Pasuruan, pada 9 Juli 2023, sekitar pukul 12:00 WIB.

Sedangkan postingan kedua berisi video penampakan benda bundar mirip UFO yang diambil dari Jalan Bromo, Ponjen, Kencong, Jember, pada Rabu, (12/7/2023) sekitar pukul 04:55 WIB.

Pemilik akun menjelaskan, penampakan benda mirip UFO di Jember terjadi mulai pukul 04:30 WIB dan hilang saat matahari terbit. Postingan itu pun mendapat ragam respons dari netizen.

Seperti akun bernama @emjipack yang menyebut penampakan benda mirip UFO di Jember sama dengan yeng terlihat di Pasuruan. "Sama yg di pasuruan nih .... mereka kayak lg mengamati sesuatu.....gunung yg lg meletus kali," tulisnya.

Meski demikian, ada juga netizen yang tidak mempercayai bahwa benda yang ada di rekaman tersebut adalah UFO. Ada juga yang menganggap benda tersebut adalah drone. "Drone paling," tulis akun @awah_x.

Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, Sutarno mengaku belum menerima informasi detail terkait penampakan tersebut. "Dari teman-teman BMKG Pasuruan tidak ada informasi," kata Sutarno dikonfirmasi Rabu (12/7/2023).

Sutarno hanya mengatakan, pada hari pengambilan video tersebut, kondisi cuaca dalam keadaan cerah. Pada waktu pengambilan video juga tidak ada fenomena alam yang terjadi. "Gak ada (fenomena alam) cuaca juga kondusif," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement