Rabu 12 Jul 2023 20:41 WIB

BPJS Kesehatan dan Pers Bandung Sepakat Perangi Hoaks

Fokus meningkatkan mutu layanan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung Muhammad Fakhriza menyampaikan sambutan dalam media gathering di salah satu cafe Kota Bandung, Rabu (12/7/2023).
Foto: Dedi Junaedi/Republika
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung Muhammad Fakhriza menyampaikan sambutan dalam media gathering di salah satu cafe Kota Bandung, Rabu (12/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG –BPJS Kesehatan Cabang Bandung dan sejumlah jurnalis bersepakat memerangi hoaks seputar isu kesehatan dan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Komitmen antara BPJS Kesehatan cabang Bandung dan para jurnalis itu terlontar dalam media gathering di salah satu cafe Kota Bandung, Rabu (12/7/2023).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung Muhammad Fakhriza mengatakan, media massa merupakan mitra strategis dalam pelaksanaan program JKN-KIS. Melalui media massa pula, pihaknya berkesempatan menyosialisasikan program JKN-KIS.

‘’Masyarakat harus mengetahui manfaat menjadi peserta JKN-KIS dengan segala kemudahan dan inovasinya,’’ ujar Fakhriza.  Diakui Fakhriza, media memiliki pengaruh yang besar terhadap penyebaran informasi di masyarakat.

Kegiatan media gathering ini, sekaligus menjadi wadah untuk menyampaikan informasi terkini mengenai program JKN. Fakhriza menjelaskan, di 2023 ini BPJS Kesehatan Cabang Bandung terus melakukan perbaikan mutu pelayanan, baik di internal BPJS Kesehatan maupun berkolaborasi dengan ekosistem JKN.

Menurutnya, sebagai upaya dalam meningkatkan pemahaman peserta tentang program JKN, BPJS Kesehatan telah melaksanakan Kelas Virtual Sosialisasi JKN (KEVIN) sebanyak dua kali dalam satu bulan. Sasarannya menyasar semua segmen masyarakat.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah membuka layanan Mobile Customer Service (MCS) BPJS Keliling di delapan kantor kelurahan. ‘’Selain KEVIN dan BPJS Keliling, BPJS Kesehatan juga mengoptimalkan peran kader JKN yang ada di wilayah Kota Bandung, salah satunya melalui Rumah Kader.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement