Rabu 12 Jul 2023 12:26 WIB

Hingga Usia 30 Tahun Mana yang Lebih Berprestasi, Rossi atau Marquez? Ini Faktanya

Penggemar Rossi mungkin akan senang mengetahui jagoannya punya catatan hebat.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Marc Marquez (kiri) dan Valentino Rossi seusai sesi kualifikasi GP Ceska di Sirkuit Brno, beberapa waktu lalu.
Foto: EPA/Martin Divisek
Marc Marquez (kiri) dan Valentino Rossi seusai sesi kualifikasi GP Ceska di Sirkuit Brno, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komparasi dua pembalap jempolan Valentino Rossi dan Marc Marquez tidak akan pernah habis. Kini, keduanya dihadapkan dengan sebuah pertanyaan tentang rider mana yang mampu tampil baik hingga usia 30 tahun.

Rossi memang sudah pensiun dari ajang MotoGP 2021 lalu. Meski demikian, namanya kerap dikaitkan dengan Marc Marquez yang sempat membuat reputasi the Doctor merosot di pengujung sisa kariernya.

Baca Juga

Namun hal menarik yang layak disimak adalah perbedaan mencolok antara dua rider tersebut memasuki usia 30 tahun. Tak ayal, keduanya masih kerap menjadi representasi MotoGP saat ini.

Marquez telah memasuki usia 'kepala tiga' alias 30 tahun pada 17 Februari tahun ini. Sedangkan, Rossi mengecap angka tersebut saat MotoGP musim 2009. Uniknya, kedua joki kuda besi ini sama-sama berzodiak Aquarius.

Ketika berusia 30 tahun, the Doctor sudah turun dalam 222 Grand Prix dengan catatan 97 kemenangan serta 150 podium dari semua kelas yang pernah diikutinya.

Angka tersebut membuat the Doctor sukses mengasapi the Baby Alien, yang meskipun turun lebih banyak 231, tapi baru mengantongi 85 kemenangan dengan total 139 podium.

Namun, penggemar 'Die Hard' Valentino Rossi tak boleh jemawa. Itu karena ada catatan Marquez yang mampu berada di atas Rossi. 

Marquez lebih unggul ...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement