Selasa 11 Jul 2023 12:08 WIB

Ratusan Jamaah Haji Kloter 16 Kabupaten Semarang Tiba tanpa Koper

Koper jamaah haji kloter 16 baru akan tiba bersama rombongan jamaah haji kloter 17.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Transportasi jamaah haji
Foto: Dok Republika
Transportasi jamaah haji

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Sebanyak 355 jamaah haji dan lima orang petugas haji Kabupaten Semarang yang tergabung dalam kloter 16 telah tiba dari tanah suci dan berkumpul kembali dengan keluarga masing-masing, Selasa (11/7/2023).

Kloter 16 merupakan rombongan pemulangan jamaah haji gelombang kedua yang berasal dari Kecamatan Ungaran Barat, Ungaran Timur, Bergas, Bawen, Susukan, Tuntang, serta Kecamatan Pringapus.

Baca Juga

Namun akibat adanya kendala teknis yang terjadi menjelang pemulangan para jamaah haji koper para jamaah haji kloter 16 Kabupaten Semarang ini untuk sementara masih berada di Jeddah, Arab saudi.

Selain koper yang masuk dalam kompertemen pesawat, para jamaah haji kloter 16 ini belum bisa membawa pulang koper mereka.

"Karena koper dalam kargo pesawat yang tiba bersama jamaah haji kloter 16 ini ternyata merupakan koper jamaah haji Kabupaten Semarang kloter 17," kata Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ungaran Barat, H Nur Edi Susilo.

Sementara jamaah haji kloter 17 dijadwalkan baru akan tiba kembali ke tanah air pada Rabu (12/7/2023) besok. Maka koper para jamaah haji kloter 16 ini, baru akan tiba bersama dengan rombongan jamaah haji kloter 17.

Jamaah haji Kabupaten Semarang kloter 17 dijadwalkan tiba di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali pada Rabu (siang) sekitar pukul 10.00 WIB dan diperkirakan koper jamaah kloter 16 sudah akan tiba di kantor KUA Tuntang pada pukul 13.00 WIB.

"Insya Allah, pada hari Rabu sore besok, koper-koper milik jamaah haji kloter 16 tersebut sudah bisa diambil," katanya.  

Ihwal penyebab koper yang terbawa dalam pesawat merupakan koper jamaah haji kloter 17, Nur Edi tidak mengetahui scara pasti. Namun, ia mengakui menjelang pemulangan jamaah haji kloter 16 memang sempat ada kendala teknis.

Seperti penerbangan pemulangan para jamaah haji kloter 16 yang sempat tertunda hingga empat jam dari jadwal semula. "Namun, semua itu merupakan kebijakan dari otoritas Bandara di Jeddah, Arab Saudi," ujarnya.

Untuk sementara, Nur Edi melanjutkan, semua koper jamaah haji kloter 17 yang sudah tiba akan dibawa (transit), terlebih dahulu ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Semarang.

Demikian pula jika koper jamaah haji kloter 16 sudah tiba petugas Kantor Kemenag Kabupaten Semarang akan menyampaikan pemberitahuan kepada seluruh jamaah haji kloter 16. "Termasuk tempat sekaligus teknis pengambilannya," kata Nur Edi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement