Senin 10 Jul 2023 11:23 WIB

Sempat Diminta Lepas Hijab, Ini Profil Ayunda yang Kini Jadi Juru Gedor Timnas Putri U-19

Ayunda mudah dikenali karena ia satu-satunya pemain timnas putri U-19 yang berhijab.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas putri Indonesia U-19, Ayunda Dwi Anggraini, yang konsisten berhijab sebagai seorang Muslimah.
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Pemain timnas putri Indonesia U-19, Ayunda Dwi Anggraini, yang konsisten berhijab sebagai seorang Muslimah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia olahraga seharusnya memang tak membatasi seseorang untuk melaksanakan ajaran agamanya dengan sebaik-baiknya. Termasuk mengenakan hijab yang merupakan kewajiban bagi seorang Muslimah.

Inilah yang dilakukan oleh salah seorang penggawa timnas putri Indonesia U-19. Pemain bernama lengkap Ayunda Dwi Anggraini ini tetap berhijab ketika mengolah kulit bundar di atas lapangan rumput.

Baca Juga

Aksi Ayunda terlihat di ajang Piala AFF U-19 Putri 2023 yang digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang Sumatra, Selatan. Pemain berusia 17 tahun ini mudah dikenali karena ia adalah satu-satunya penggawa skuad Garuda Pertiwi Muda yang berhijab.

Hijab tak menjadi halangan bagi pemain yang posisi utamanya penyerang ini. Terbukti tukang gedor kelahiran Gresik, Jawa Timur, ini total sudah menorehkan empat gol dari tiga laga penyisihan grup hingga mengantarkan Indonesia melaju ke semifinal.

Rincian golnya, dua gol saat Indonesia menaklukkan Timor Leste, satu gol saat menang atas Laos, serta satu gol lagi saat membungkam Kamboja 5-0 di laga terakhir grup, Ahad (9/7/2023).

Dari berbagai sumber yang didapat Republika.co.id, Ayunda mengaku perlu perjalanan dirinya untuk tetap berhijab membela timnas putri Indonesia U-19 tidak mudah.

Ayunda mengaku sempat kesulitan bergaul dengan skuad Garuda Pertiwi Muda lainnya. Bahkan ada yang memintanya melepaskan hijabnya. Namun Ayunda tetap kokoh dengan keimanannya untuk tetap berhijab hingga kini.

Profil Ayunda

Nama Lengkap: Ayunda Dwi Anggraini

Panggilan: Ayunda

Usia: 17 Tahun

Agama: Islam

Asal: Desa Sambogunung, Kecamatan Dukun, Gresik, Jawa Timur

Asal sekolah: SMA Negeri 1 Sidayu, Gresik

Nomor punggung: 23 (Timnas Putri Indonesia)

Akun Instagram: @ayundadwianggrainii.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement