Sabtu 01 Jul 2023 17:27 WIB

Ponsel Terlalu Panas? Ini 6 Pemicu dan Cara Meredamnya

Ponsel terlalu panas adalah masalah serius.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jangan abai jika ponsel Anda terlalu panas./ilustrasi
Foto: Unsplash
Jangan abai jika ponsel Anda terlalu panas./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ponsel terlalu panas adalah masalah serius. Tingkat panas yang berlebihan tidak hanya memperlambat ponsel, tetapi juga menjadi sangat tidak mungkin untuk memegang ponsel dengan nyaman saat sedang panas. 

Secara umum, ponsel Anda mungkin terlalu panas saat menjalankan aplikasi tertentu. Misalnya, ini mungkin permainan yang sangat intensif sumber daya yang mendorong ponsel secara maksimal. Atau, bisa jadi karena Anda streaming banyak video. Atau, ponsel bisa saja kepanasan karena cuaca terlalu panas.

Baca Juga

Dilansir dari laman Gizchina, Sabtu (1/7/2023), dalam penggunaan normal, ponsel Anda tidak boleh terlalu panas. Namun, itu bisa menjadi hangat. Dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika tangan Anda terasa sedikit lebih hangat setelah bermain gim selama lebih dari 15 menit. Namun, jika Anda merasa panasnya terlalu menyengat, Anda harus menyelidikinya.

Alasan ponsel Anda terlalu panas adalah kecerahan layar disetel terlalu tinggi. Atau Anda menjalankan gim atau aplikasi tertentu terlalu lama. Selain itu ada proses latar belakang yang sedang berjalan yang memanaskan telepon.

Selain itu, ada beberapa alasan ponsel terlalu panas. Apa saja dan bagaimana kiat meredamnya?

 

1. Aplikasi bermasalah

Jika Anda memiliki perangkat yang cukup mumpuni dan mengalami kepanasan, hal itu mungkin disebabkan oleh satu atau beberapa aplikasi bermasalah. Anda mungkin telah memasang aplikasi yang tidak dioptimalkan untuk perangkat Anda. Demikian juga, Anda mungkin memiliki versi aplikasi yang sangat usang yang terpasang di ponsel Anda.

Untuk menghindari panas tersebut, copot pemasangan aplikasi yang tidak sepenuhnya kompatibel dengan perangkat Anda. Perbarui semua aplikasi yang terpasang di ponsel Anda. Setelah menerapkan langkah-langkah di atas, mulai ulang perangkat Anda dan tunggu beberapa menit. Lihat apakah ponsel terlalu panas.

 

2. Terlalu banyak menjalankan aplikasi 

Ponsel saat ini hadir dengan RAM yang lebih dari cukup. Berkat itu, mereka dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Namun, ponsel Anda perlu melakukan banyak pekerjaan agar semua proses tetap berjalan. Dan itu membuat perangkat terlalu panas.

Jadi, ketika Anda menyadari bahwa ponsel terlalu panas, Anda perlu memeriksa apakah Anda telah menjalankan banyak aplikasi di perangkat Anda. Jika demikian, tutup aplikasi yang tidak perlu Anda simpan dalam keadaan terbuka.

 

3. Malware di ponsel Anda

Malware di ponsel Anda tidak hanya membuatnya terlalu panas tetapi juga akan memperlambatnya. Lagi pula, aplikasi yang diinjeksi malware tidak peduli dengan kinerja atau kesehatan ponsel Anda. Sebaliknya, mereka menginginkan data Anda dan ingin menggunakan sebanyak mungkin sumber daya ponsel Anda.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus menginstal aplikasi pemindai malware. Gunakan aplikasi itu untuk memindai perangkat Anda dan menghapus malware dari ponsel Anda.

 

4. Perekaman video dalam resolusi tinggi

Sebagian besar ponsel modern dapat merekam dalam 4K. Beberapa bahkan dapat merekam pada 6K dan 8K. Namun saat Anda merekam dalam resolusi setinggi itu, ponsel Anda harus memproses banyak data. Itu membuat ponsel cepat panas. Jadi, jika Anda mendapati ponsel terlalu panas saat merekam video, pertimbangkan untuk menurunkan resolusi video.

 

5. Kabel charger rusak 

Apakah ponsel Anda kepanasan saat Anda mengisinya? Dalam hal ini, Anda mungkin memiliki kabel pengisi daya yang buruk. Bahkan aksesori pengisi daya pihak pertama dapat membuat ponsel menjadi terlalu panas. Dalam hal ini, bata atau kabel pengisi daya kemungkinan besar rusak. Perbaikannya, dalam hal ini, adalah mengganti kabel dan peranti pengisi daya.

 

6. Casing ponsel terlalu tebal

Meskipun casing ponsel sangat penting untuk menjaga perangkat Anda tetap terlindungi, casing tersebut dapat menjadi alasan mengapa ponsel Anda terlalu panas. Jadi, jika kamu memiliki casing ponsel yang sangat tebal, lepaskan saat kamu sedang bermain gim atau melakukan sesuatu yang intensif di ponselmu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement