Selasa 06 Jun 2023 19:45 WIB

Ke Singapura tidak Perlu Bawa Cash, ATM BNI Singapura Bisa Tarik Tunai Uang Dolar

Nasabah rekening BNI Indonesia bisa tarik tunai di ATM BNI Singapura.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nora Azizah
ATM BNI di Singapura.
Foto: Dedy Darmawan Nasution/Republika
ATM BNI di Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Ada yang menarik saat Republika mengunjungi outlet BNI Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) di Singapura. Hal itu terlihat dari adanya layanan anjungan tunai mandiri atau ATM yang memudahkan para wisatawan, pekerja, hingga mahasiswa di Singapura saat ingin membutuhkan uang dolar. 

Mereka yang memiliki rekening BNI dalam bentuk rupiah tak perlu repot pergi ke tempat penukaran valuta asing untuk bisa memperoleh uang dolar Singapura.

Baca Juga

Sebab, meski isi tabungan berupa rupiah, ATM BNI Singapura yang berlokasi di kawasan Central Business Distric (CBD) Cecil Street ini secara otomatis akan mengeluarkan pecahan dolar sesuai nilai kurs ketika penarikan. Uang pecahan kartal yang disiapkan yakni 50 dolar singapura.

Layanan semacam ini pun hanya dimiliki oleh BNI dari sejumlah bank asal Indonesia yang beroperasi di Singapura. BNI Singapura bisa menyediakan layanan ATM juga karena telah memegang status full bank license dari pemerintah Singapura. 

"Ini kita fasilitasi rekening Indonesia yang punya ATM BNI lalu ke Singapura, tidak usah bawa uang cash, bisa tarik di ATM BNI Singapura. Jadi otomatis dikonversi ke mata uang dolar Singapura," kata Deputy Chief Executive BNI KCLN Singapura saat berbincang dengan Republika.co.id, dikutip Selasa (6/6/2023). 

Menariknya, meski penarikan langsung ke dalam bentuk dolar nasabah tidak dibebankan biaya charge dari konversi mata uang. "Tidak ada biaya charge, karena itu juga dianggap sebagai revenue BNI. Narik uang di ATM BNI," kata Yuli.

Selain itu, BNI Singapura juga telah memiliki dua kantor cabang dengan lisensi limited propose branch (LPB) di kawasan strategis Lucky Plaza dan City Plaza khusus untuk layanan pengiriman uang ke Indonesia yang buka pada akhir pekan. 

"Ada ratusan ribu pekerja amigran yang kita layani, karena memang tujuan mereka kerja di sini untuk kirim uang ke Indonesia. Itu yang kita fasilitasi, ujarnya. 

Bagi mereka yang tak ingin repot datang ke kantor, pun dapat memanfaatkan aplikasi digital BNI Singapore Mobile Remittance atau BNI MoRE. Aplikasi ini bisa bisa diakses kapan dan di mana saja untuk pengiriman uang ke Indonesia dengan biaya pengiriman hanya lima dolar Singapura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement