Rabu 31 May 2023 18:56 WIB

Rumah Sakit Malaysia Buka Layanan IGD Anak, Bidik Pasien Indonesia 

Pasien Indonesia bisa ikut memanfaatkan layanan IGD khusus anak ini.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Layanan IGD Anak di Sunway Medical Centre.
Foto: Istimewa
Layanan IGD Anak di Sunway Medical Centre.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sunway Medical Centre, Kota Sunway, menjadi rumah sakit swasta pertama yang membuka Instalasi Gawat Darurat (IGD) Anak di Malaysia. Departemen Instalasi Gawat Darurat anak (IGD) di Sunway Medical Centre,  Kota Sunway Gedung D, sudah beroperasi sejak kemarin. 

Menurut Assistant Director International Business Development Sunway Healthcare, Faith Tang, Departemen Instalasi Gawat Darurat anak (IGD) di Sunway Medical Centre ini menjadi rumah sakit swasta pertama yang memiliki fasilitas layanan berdedikasi khusus one-stop centre yang melayani kebutuhan bayi, anak-anak, dan remaja.

Faith mengatakan, pasien yang datang ke Sunway ada 170 negara. Total pasiennya, mencapai 60 ribu internasional pasien. Salah satunya, berasal dari Indonesia. Pihaknya berharap, pasien Indonesia bisa ikut memanfaatkan layanan IGD khusus anak ini.

"Pasien Indonesia, semakin meningkat. Karena jaraknya dekat dengan Malaysia. Apalagi, trend selapas pandemik semakin naik," ujar Faith kepada wartawan di Bandung, Rabu (31/5/2023).

Pasien di Indonesia, kata dia, paling banyak melakukan pemeriksaan penyakit kanker, transplatasi tulang sumsum, sem cell, dan lainnya.

"Kami membuat IGD anak,  karena melihat, masalah kesehatan itu harus diseteksi sejak dini. Jadi, kami buat satu blok untuk anak-anak agar penanganannya cepat. Jadi bisa cepat ditangani," katanya.

Sementara menurut Kepala departemen Instalasi Gawat Darurat Anak di Sunway Medical Centre, Kota Sunway, Dr Lee Soo Han, ada tiga zona di IGD anak – hijau, kuning dan merah yang menyediakan perawatan spesialisasi. 

"Contohnya, ada 2 ruang spesialis yang dipersiapkan untuk anak dengan penyakit asma yang membutuhkan nebulizer sehingga mereka dapat dimonitor secara langsung. Zona merah diperlengkapi dengan alat medis canggih untuk resusitasi dan pemantauan lebih dekat," katanya.

Tower D,  adalah one-stop center untuk kesehatan anak terpadu yang didedikasikan untuk anak-anak. SunMed diperlengkapi dengan tim terlatih dokter dan perawat khusus anak dengan pengalaman yang luas dari berbagai sub-spesialis untuk merawat pasien muda dengan efisien dan efektif. Klinik anak yang terletak di Gedung D bersama dengan Pusat Perkembangan Anak yang menawarkan layanan holistic untuk pasien muda kami, yang mana akan segera beroperasi.

Kamar rawat anak Unit Perawatan Intensif (ICU) Anak dan Unit Ketergantungan Tinggi (HDU) anak akan berlokasi di Gedung E dan akan dibuka secara bertahap. Departemen Radiologi terletak di sebelah Departemen Instalasi Gawat Darurat Anak dan memiliki pemindai Computerized Tomography (CT) terbaru, x-ray umum, dan layanan ultrasonografi, sementara layanan 3 Tesla MRI (Magnetic Resonance Imaging) canggih terbaru terletak di Lantai 1. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement