Rabu 31 May 2023 11:08 WIB

Prakiraan Cuaca dan Gelombang Laut di DIY Hari Ini 

tinggi gelombang diperkirakan berkisar antara 2,5 meter hingga 4 meter.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Cuaca. Ilustrasi
Foto: Huffingtonpost
Cuaca. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA memperkirakan bahwa cuaca di DIY cerah berawan pada Rabu (31/5/2023). Perkiraan kondisi cuaca ini akan terjadi sejak pagi hingga sore hari nanti.

"Siang sampai sore cerah berawan, dan malam hari berawan," kata BMKG Stamet YIA dalam keterangan resminya, Rabu (31/5/2023).

Dengan begitu, diperkirakan cuaca hari ini di DIY akan cerah hingga sore nanti. Untuk itu, masyarakat diharapkan agar melindungi diri dari panasnya matahari.

"Suhu udara 21-32 derajat Celsius, dan kelembaban udara 56-92 persen," lanjut BMKG Stamet YIA.

Sementara itu, arah angin bergerak dari timur ke selatan dengan kecepatan maksimum 28 kilometer per jam. Untuk itu, diperkirakan akan terjadi gelombang tinggi di perairan selatan DIY, Rabu (31/5/2023) ini.

Dikatakan bahwa tinggi gelombang diperkirakan berkisar antara 2,5 meter hingga 4 meter. Artinya, tinggi gelombang ini masuk dalam kategori tinggi.

Masyarakat pun diminta untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi ini. Terutama masyarakat yang melakukan kegiatan di perairan, baik kegiatan pelayaran maupun nelayan.

"Waspada potensi gelombang laut tinggi di perairan Yogyakarta," jelas BMKG Stamet YIA.

Tidak hanya pada 31 Mei ini diperkirakan akan terjadi gelombang tinggi di perairan DIY. Namun, selama tiga hari kedepan sejak 31 Mei hingga 2 Juni juga ada potensi terjadinya gelombang tinggi.

"Arah angin umumnya bertiup dari arah timur ke tenggara di perairan Yogyakarta dengan kecepatan berkisar antara 4--15 knot. Tinggi gelombang laut berkisar 1-3,5 meter," ujar BMKG Stamet YIA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement