Kamis 18 May 2023 10:36 WIB

Erick Thohir: Pembinaan Sepak Bola Harus dari Bawah

Erick Thohir menyebutkan bahwa pembinaan sepak bola harus dari bawah ke atas.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nora Azizah
Ketua Umum PSSI Erick Thohir berdoa saat akan dimulainya  pertandingan final sepak bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja.
Foto: Dok PSSI
Ketua Umum PSSI Erick Thohir berdoa saat akan dimulainya pertandingan final sepak bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, pembinaan sepak bola tidak bisa dilakukan dari atas, tetapi harus dari bawah. Hal itu disampaikan Erick menjawab wartawan usai melantik Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Sumatra Utara di Medan, Rabu (17/5/2023) malam.

"Tidak mungkin membangun sepak bola itu dari atas ke bawah, harus dari bawah ke atas. Apakah itu dari komunitas, dari masyarakat, apakah dari pembinaan, sekolah, atau figur-figur yang senang sepak bola," kata Erick Thohir didampingi Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah.  

Baca Juga

Komunitas, menurut Erick, harus menjadi bagian menyeluruh dari pembinaan sepak bola Indonesia. "Mereka bisa membangun SSB (Sekolah Sepak Bola) atau hal-hal lain yang positif," ucap Erick. 

Erick juga memastikan ada bonus yang menanti pemain Timnas U-22 usai meraih medali emas sepakbola SEA Games 2023 dengan mengalahkan Thailand 5-2. "Kalau sekarang ada (bonusnya). kalau kemarin kan disampaikan, pak bonus, bonus, orang belum juara bicara bonus," kata Erick.  

Target berikutnya, menurut Erick, pihaknya akan fokus mempersiapkan dua tim nasional untuk  persiapan kualifikasi AFC pada September 2023, lalu berlanjut penyisihan Piala Dunia 2026 pada bulan Oktober. Selain itu, masih ada persiapan untuk Piala Asia 2023 di Qatar mulai November hingga Januari 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement