Senin 15 May 2023 00:28 WIB

Jeep Wrangler Listrik akan Semakin Jago Off-Road

Jeep Wrangler akan diluncurkan pertama kali di Amerika Serikat.

Jeep Recon Moab 4xe
Foto: Jeep Recon Forum
Jeep Recon Moab 4xe

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Sudah dapat dipastikan bahwa Jeep Wrangler akan menggunakan tenaga listrik. Generasi baru Jeep Wrangler akan sepenuhnya bertenaga listrik dengan kemampuan off-road yang tak tertandingi, bahkan jika dibandingkan dengan generasi saat ini.

 

Baca Juga

Menurut CEO Jeep, Christian Meunier, tenaga listrik akan meningkatkan kemampuan Wrangler. Berbicara dengan Auto Express, Meunier mengatakan hal hebat tentang elektrifikasi adalah membuat Jeep lebih mumpuni. Ini memberi mobil lebih banyak torsi; itu membuatnya lebih halus dan lebih presisi.

 

Lebih lanjut, dia menjelaskan, arsitektur di sekelilingnya, sistem suspensi, poros yang akan digunakan, bisa apa saja - poros padat atau suspensi independen."

 

Meskipun Jeep telah menggoda gagasan tentang Wrangler serba listrik, sampai sekarang, belum ada yang mengatakan tentang kendaraan listrik tersebut.

 

Tahun lalu, Jeep mengungkapkan akan meluncurkan beberapa model listrik baru, termasuk Avenger, Recon, dan Wagoneer S, selama beberapa tahun ke depan.

 

Recon, yang menurut pembuat mobil "terinspirasi oleh semangat Jeep Wrangler yang legendaris", diperkirakan akan diluncurkan di AS tahun depan. Namun, dari gambar awal yang muncul dari pertemuan dealer, Recon lebih terlihat seperti Renegade daripada Wrangler.

 

Meunier menjelaskan kemampuan off-road Wrangler EV generasi berikutnya yang diukur melalui skala Peringkat Jejaknya yang terkenal. Model Jeep mendapatkan “Trail Rating” berdasarkan skala 1 sampai 10, semakin tinggi ratingnya, semakin tinggi kemampuan kendaraannya. 

 

Menurut Meunier peringkat Jejak adalah skala hingga 10. Di 10 adalah Wrangler Rubicon dua pintu – Wrangler Rubicon lima pintu di sembilan. “Kita mulai dari empat untuk Renegade dengan Trail Rating,” ucapnya.

 

Sementara itu, Jeep ingin mendorong skala lebih jauh dengan EV masa depan, seperti Wrangler serba listrik, sebagaimana yang diklaim Menuier. “Dengan Wrangler generasi berikutnya, kami ingin mendorong Peringkat Jejak. Elektrifikasi tidak menghalangi kami untuk melakukan apa pun terkait off-road,” ucapnya.

 

Jeep Wrangler EV yang baru diharapkan untuk menggunakan platform EV khusus STLA perusahaan induk Stellantis, yang sama digunakan untuk pikap listrik Ram 1500 REV dan Jeep Recon yang akan datang.

 

Dengan beberapa peluncuran model listrik yang akan datang, Wrangler all-electric diperkirakan tidak akan dirilis dalam waktu dekat. Saat ini, sepertinya Wrangler EV akan diluncurkan paling cepat pada 2027.

 

 

 

sumber : Electrek.co
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement