Sabtu 13 May 2023 09:17 WIB

Pemeliharaan dan Rehabilitasi Jalan Pekalongan Dianggarkan Rp 8 Miliar

Proses lelang biasanya membutuhkan waktu sekitar tiga pekan.

Pekerja memperbaiki jalan rusak di jalur pantura di Pekalongan, Jawa Tengah (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Pekerja memperbaiki jalan rusak di jalur pantura di Pekalongan, Jawa Tengah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, secara rutin melakukan pemeliharaan dan rehabilitasi di sejumlah ruas jalan rusak dengan menggunakan anggaran senilai Rp 8 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pekalongan Bambang Sugiarto mengatakan saat ini pemkot fokus melakukan pemeliharaan jalan yang mengalami kerusakan kecil seperti Jalan Patimura, Binagriya, Slamaran, dan jalan raya depan Pasar Banyuurip.

"Demikian juga, kami akan melakukan rehabilitasi sejumlah ruas jalan seperti Jalan Ahmad Dahlan, jembatan di Jalan Kimangunsarkoro yang ambles, dan Kramatsari. Saat ini masih dalam proses lelang proyek," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kukuh Adi Sri Satyanto mengatakan saat ini pihaknya masih disibukkan dengan berbagai agenda pemeliharaan jalan dan saluran, serta rehabilitasi jalan.

"Ya, mulai banyak kegiatan fisik atau pekerjaan proyek yang harus kami kerjakan, sebagian dari surat perintah kerja sebelum Lebaran dan sebagian juga masih proses lelang," katanya.

Dikatakan, untuk proses lelang biasanya akan membutuhkan waktu sekitar tiga pekan apabila prosesnya berjalan lancar. Namun demikian, diperkirakan proses lelang proyek pemeliharaan maupun rehabilitasi ruas jalan dapat segera selesai sehingga pekerjaan proyek jalan dapat secepatnya dilaksanakan.

"Kami akan membuka aduan atau keluhan dari masyarakat terkait kerusakan jalan. Kami berusaha merespons dan melakukan penanganan cepat pada jalan yang mengalami rusak," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement